Waspada
Waspada » Saudi Sediakan Layanan Virtual Peliputan Haji
Internasional

Saudi Sediakan Layanan Virtual Peliputan Haji

Suasana Tanah Suci, Makkah jelang pelaksanaan ibadah haji terbatas tahun ini. Pemerintah setempat pada Minggu (19/7/2020) telah memberlakukan peraturan yang membatasi akses di Kota Makkah sebagai Langkah antisipasi penyebaran virus corona. Arab News

MAKKAH, Arab Saudi (Waspada): Kementerian Media Arab Saudi meresmikan layanan digital canggih untuk memenuhi kebutuhan media massa lokal maupun internasional dalam meliput pelaksanaan haji 2020 yang dimulai pada 29 Juli mendatang.

Peliputan haji tahun ini sangat berbeda karena jurnalis tak hadir secara fisik di lokasi, melainkan melalui perangkat digital akibat pembatasan wabah virus corona.

Layanan ini memungkinkan para jurnalis untuk mendapatkan file-file teks dan gambar penting serta bahan lainnya, bahkan bisa meminta wawancara para pejabat dan pemangku kepentingan.

Selain itu mereka bisa mengikuti konferensi pers langsung, seperti dikutip dari pernyataan kementerian, Minggu (26/7/2020). Untuk memudahkan awak media internasional, layanan bernama Kantor Pers Virtual Haji ini menyediakan dalam bahasa Inggris.

Di antara layanan yang diberikan, media massa lokal dan internasional bisa meminta bahan eksklusif, seperti foto dan video yang dibuat khusus, termasuk wawancara pejabat.

Ratusan jurnalis yang berbasis di Arab Saudi, bersama lebih dari 2.500 wartawan internasional yang terdaftar di database Pusat Komunikasi, akan menerima surat elektronik untuk mendaftarkan nama mereka di platform digital sehingga bisa memanfaatkan layanan Kantor Pers Virtual Haji ini.

Pusat Komunikasi menyiapkan tim profesional media dan petugas hubungan media internasional untuk memastikan semua jurnalis mendapat layanan terbaik. (arab news/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2