Waspada
Waspada » Saudi Mulai Vaksinasi Massal Pada Akhir Pekan, Termasuk Pendatang Asing
Internasional

Saudi Mulai Vaksinasi Massal Pada Akhir Pekan, Termasuk Pendatang Asing

Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah menunjukkan vaksin virus corona yang mulai didistribusikan serta disuntikkan kepaa masyarakat dan pendatang pada akhir pekan ini. Arab News

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Arab Saudi kedatangan vaksin Covid-19 yang dibawa menggunakan pesawat, Rabu (16/12/2020). Program vaksinasi massal akan dimulai pada akhir pekan ini.

Stasiun televisi pemerintah pada Kamis (17/12/2020) melaporkan, vaksin-vaksin tersebut akan dikirim ke seluruh wilayah dan digunakan dalam 3 hari. Pemerintah Saudi tidak menyebutkan berapa jumlah dosis vaksin yang diterima termasuk perusahaan farmasi yang membuatnya. N

Namun stasiun televisi pemerintah Al Arabiya melaporkan, vaksin virus corona yang diterima merupakan Pfizer.

Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq Al Rabiah juga meminta kepada semua warga, baik lokal maupun pendatang asing, untuk mendaftar agar bisa segera mendapatkan vaksin.

Dia menegaskan kembali vaksin tersebut akan diberikan secara gratis untuk semua orang yang berada di Saudi. Pekan lalu otoritas kesehatan Saudi mendaftarkan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech untuk diimpor.

Pada Senin lalu, Arab Saudi mendeklarasikan kemenangan atas virus corona setelah berhasil mengendalikan wabah. Tingkat kesembuhan di negara itu sampai akhir pekan lalu mencapai 97 persen lebih.

Selain itu, untuk pertama kalinya sejak pandemi, pada Minggu (13/12/2020), Saudi mencatat penambahan harian kasus infeksi Covid-19 di bawah 150 yakni 139 penderita.

Peta kasus Covid-19 pekanan yang dikonfirmasi Kementerian Kesehatan menunjukkan, hampir semua wilayah Kerajaan kini berstatus zona aman.  “Kami termasuk negara yang mampu mengontrol dan mengalami penurunan kasus,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al Abd Al Aly.

Meski wabah sudah terkendali, dia menegaskan pentingnya vaksinasi untuk menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat.  “Kami mengulangi seruan agar semua warga mendapatkan vaksin, termasuk yang sudah pulih,” tuturnya. (arab news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2