Waspada
Waspada » Saudi Larang Warganya Keluar Rumah Saat Lebaran
Internasional

Saudi Larang Warganya Keluar Rumah Saat Lebaran

Jalanan Kota Jeddah kosong akibat peraturan jam malam yang diberlakukan pemerintah. AFP

JEDDAH, Arab Saudi (Waspada): Pemerintah Arab Saudi melarang warganya keluar rumah selama liburan Idul Fitri. Arab Saudi memberlakukan libur Hari Raya dari 23 sampai 27 Mei 2020.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam pernyataan, dikutip dari Arab News, Rabu (13/5/2020), mengungkap, aturan jam malam penuh 24 jam diberlakukan di seluruh wilayah Saudi selama 5 hari libur hari raya untuk mencegah penyebaran virus corona. Warga diperbolehkan keluar hanya untuk membeli kebutuhan pokok dan obat.

Saat ini Saudi melonggarkan pembatasan di mana warga diperbolehkan keluar dari pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat, kecuali di Kota Makkah yang masih memberlakukan larangan keluar 24 jam bagi warganya.

Sebagian besar kegiatan perekonomian di wilayah selain Makkah juga dibuka di jam-jam tersebut. Namun toko-toko yang menjual bahan pokok dan obat tetap buka normal.

Pada Selasa otoritas kesehatan Saudi menyampaikan kabar baik di mana penambahan harian jumlah pasien Covid-19 yang sembuh mencapai rekor, yakni 2.520 orang. Dengan demikian jumlah total pasien sembuh mencapai 15.257 orang. Sejauh ini Saudi mengonfirmasi 42.925 kasus, sebanyak 264 di antaranya meninggal.

Meski demikian, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al Abd Al Aly mengatakan, kondisi ini bukan berarti wabah akan segera berakhir. Dia justru  memperingakan akan munculnya risiko baru jika tak ada pembatasan perkumpulan. (arab news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2