Saudi Kutuk Keras Serangan Israel Di Al-Aqsa - Waspada

Saudi Kutuk Keras Serangan Israel Di Al-Aqsa

  • Bagikan
Kerabat dari seorang korban meninggal akibat ledakan di Kota Beit Lahiya, sebelah utara Jalur Gaza, tak kuasa menahan tangisnya. Milisi Hamas menembakkan roket ke arah Yerusalem usai bentrokan antara warga Palestina denganpasukan keamanan Israel. AP

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Arab Saudi kembali mengutuk keras serangan pasukan Israel di Masjid al-Aqsa di Yerusalem, Palestina. Tindakan zionis tersebut telah menimbulkan keprihatinan di dunia Muslim, karena Al-Aqsa adalah salah satu tempat paling suci dalam Islam.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Selasa (11/5/2021) menyatakan, serangan pasukan Israel di masjid al-Aqsa telah melanggar keselamatan dan keamanan jamaah.

Karena itu, Arab Saudi mendesak komunitas internasional untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas eskalasi konflik tersebut. Kerajaan Timur Tengah itu juga menyerukan penghentian segera setiap tindakan yang melanggar pakta dan perjanjian internasional.

Di Gaza, Otoritas Palestina melaporkan kematian 20 orang, termasuk sembilan anak-anak, akibat serangan udara Israel. Sementara itu, polisi zionis menembakkan gas air mata dan granat kejut di dalam Masjid al-Aqsa, menyebabkan setidaknya tiga warga Palestina kehilangan mata setelah terkena peluru karet—yang menurut saksi ditujukan langsung ke kepala mereka.

Arab News melaporkan, ketegangan di perbatasan Gaza dengan Israel terus meningkat menyusul konfrontasi kekerasan baru-baru ini di masjid dan di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem.

Lebih dari selusin tabung gas air mata dan granat kejut mendarat di masjid saat polisi dan pengunjuk rasa bentrok di dalam kompleks bertembok yang mengeliling tempat suci itu.

Asap mengepul di depan Masjid Al-Aqsa. Batu-batu berserakan di alun-alun di dekatnya. Di dalam satu area kompleks, sepatu dan puing-puing berserakan di atas karpet berornamen.

Masjid Al-Aqsa berada di puncak bukit Kota Tua Yerusalem. Oleh orang Yahudi, kompleks masjid itu sebut-sebut sebagai Gunung Bait Suci alias Temple Mount. Sementara, bagi umat Islam, Masjid al-Aqsa adalah tempat paling suci ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (arab news/m11)

  • Bagikan