Waspada
Waspada » Saudi Cegah Delegasi Iran Hadiri Pertemuan OKI
Internasional

Saudi Cegah Delegasi Iran Hadiri Pertemuan OKI

DUBAI, UEA (Waspada): Arab Saudi melarang delegasi Iran menghadiri pertemuan Organisasi Kerja sama Islam (OKI) yang digelar di Jeddah pada Senin (3/2/2020). Pertemuan itu akan membahas rencana perdamaian Timur Tengah yang telah diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi mengatakan pemerintah Saudi belum mengeluarkan visa untuk para delegasi Iran. Hingga berita ini diturunkan pihak Saudi tidak memberikan komentar.

“Pemerintah Arab Saudi telah mencegah partisipasi delegasi Iran dalam pertemuan untuk membahas ‘kesepakatan abad ini’ (rencana perdamaian Timur Tengah) di markas besar Organisasi Kerja sama Islam,” kata Mousavi seperti dilaporkan kantor berita Fars.

Mousavi mengatakan Iran telah menyampaikan persoalan ini kepada OKI. Iran menuding Saudi telah menyalahgunakan posisinya sebagai tuan rumah pertemuan OKI.

Para pejabat Iran mengutuk rencana Presiden AS Donald Trump untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina. Rencana perdamaian itu dinilai lebih banyak menguntungkan Israel. Dalam proposal perdamaian itu, AS mengakui permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang tak terpisahkan.

Sebelumnya pertemuan para menteri luar negeri Liga Arab di Kairo menyatakan rencana perdamaian itu tidak memenuhi aspirasi warga Palestina. Liga Arab menegaskan pihaknya tidak akan mengimplementasikan proposal perdamaian itu.

Arab Saudi dan Iran berada dalam perang proksi. Mereka bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Timur Tengah. Kedua negara ini mendukung pihak yang berseberangan dalam konflik di Suriah dan Yaman. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2