Waspada
Waspada » Sanders-Biden Bersatu Melawan Trump Dalam Pemilu
Internasional

Sanders-Biden Bersatu Melawan Trump Dalam Pemilu

Joe Biden dan Bernie Sanders bergabung untuk mengalahkan Donald Trump di Pemilu yang akan digelar November mendatang. CNBC

WASHINGTON, AS (Waspada): Bernie Sanders pada Senin (13/4/2020) waktu setempat, mengatakan sudah waktunya bersatu dengan Joe Biden, dalam persaingan mengalahkan Donald Trump di Pemilu AS 2020, November mendatang.

Sanders memberi dukungan pada Biden yang sebelumnya menjadi saingannya di Partai Demokrat. Dua politisi veteran tersebut tahun lalu saling bersaing untuk memperebutkan nominasi Partai Demokrat, tapi kini mereka muncul bersamaan dalam layar terpisah di siaran langsung Biden.

“Hari ini saya meminta semua orang AS – saya meminta setiap Demokrat, setiap independen, banyak Partai Republik – untuk berkumpul bersama dalam kampanye ini untuk mendukung pencalonan Anda yang saya dukung,” kata Sanders.

Dukungan ini menandai perubahan penting dibandingkan 2016, ketika Sanders kalah dalam pemilihan nominasi presiden dari Hillary Clinton, tetapi menunda untuk mendukung pencalonannya. Penundaan itu dipandang sangat merusak, karena memperlihatkan perpecahan dalam Partai Demokrat.

Joe Biden mengatakan dia “sangat bersyukur” atas dukungan tersebut. Sebelumnya dia juga didukung oleh para mantan saingannya termasuk Senator Kamala Harris, Senator Amy Klobuchar, dan mantan anggota Kongres Beto O’Rourke.

“Anda adalah suara terkuat untuk Amerika yang lebih adil dan berimbang,” kata Biden pada Sanders, dikutip dari AFP Senin (13/4/2020). “Anda telah menempatkan kepentingan bangsa ini dan kebutuhan untuk mengalahkan Donald Trump di atas segalanya. Seperti kata Anda, ‘bukan saya, (tapi) kita’,” tambah Biden.

Biden (77) yang menjalani Pemilu ketiganya, juga meminta dukungan dari para pendukung Sanders. “Saya melihat Anda, mendengar Anda, saya mengerti urgensi apa yang harus kita lakukan di negara ini, dan saya harap Anda akan bergabung dengan kami. Saya akan sangat membutuhkan Anda,” ucap Wakil Presiden AS 2009-2017 tersebut.

Biden juga mengumumkan, bersama Sanders mereka akan membentuk beberapa kelompok kerja kebijakan untuk menangani masalah-masalah seperti perubahan iklim, perawatan kesehatan, keadilan ekonomi, dan keterjangkauan perguruan tinggi.

Dalam serangkaian jajak pendapat yang diadakan bulan ini, Biden mengungguli Trump dalam pertarungan satu lawan satu dengan rata-rata 5,9 persen, menurut situs web RealClearPolitics. (afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2