Salinan Asli Konstitusi AS Terjual Rp612 Miliar - Waspada

Salinan Asli Konstitusi AS Terjual Rp612 Miliar

  • Bagikan
Salinan asli Konstitusi Amerika Serikat terjual dengan harga fantastis US$43 juta (Rp612 miliar) dalam lelang yang diselenggarakan Rumah Lelang Sotheby’s pada Kamis. Forbes

     NEW YORK, AS (Waspada): Salinan asli yang sangat langka dari Konstitusi Amerika Serikat terjual seharga US$43 juta (Rp612 miliar) dalam lelang yang diselenggarakan Rumah Lelang Sotheby’s pada Kamis (18/11/2021).

     Nilai itu menjadi rekor dunia untuk harga dokumen sejarah yang dilelang. Menurut Sotheby’s, benda bersejarah yang baru saja terjual itu adalah salah satu dari hanya 11 salinan Piagam AS yang diketahui pernah ada hingga saat ini.

     Lembaran itu ditandatangani pada 17 September 1787 di Philadelphia’s Independence Hall oleh para pendiri Amerika, termasuk George Washington, Benjamin Franklin, dan James Madison.

     Dilansir kantor berita Reuters, Jumat (19/11/2021), dokumen itu diratifikasi pada tahun berikutnya. Identitas penawar yang memenangkan lelang salinan Konstitusi AS itu tidak diumumkan.

     Menurut laporan yang dikutip Reuters, ada sekelompok investor mata uang kripto yang berhasil mengumpulkan US$40 juta untuk membeli dokumen tersebut. Akan tetapi, mereka gagal mengamankan salinan berharga itu.

     Seorang juru bicara Sotheby mengatakan, penjualan seharga US$43 juta pada Kamis itu menjadi rekor dunia untuk harga dokumen sejarah yang pernah ditawarkan dalam lelang.

     Selby Kiffer, ahli manuskrip dan buku kuno di Sotheby’s, pada September lalu mengatakan bahwa salinan tersebut berkemungkinan menjadi bagian dari edisi 500 yang dicetak pada malam penandatanganan Konstitusi AS, 234 tahun silam. “Yang (dilelang) ini satu-satunya dokumen Konstitusi AS yang berada di tangan pribadi,” kata Kiffer. (reuters/m11)

  • Bagikan