Waspada
Waspada » Rugikan Dunia Rp842 Triliun, Kru Dan Kapten Kapal Ever Given Ditahan
Internasional

Rugikan Dunia Rp842 Triliun, Kru Dan Kapten Kapal Ever Given Ditahan

Otoritas kelautan Mesir menahan kapten dan kru kapal Ever Given serta membuka penyelidikan kandasnya kapal kargo raksasa tersebut di Terusan Suez yang menghambat arus lalu lintas selama hampir sepekan. Reuters

ISMAILIA, Mesir (Waspada): Otoritas kelautan Mesir membuka penyelidikan kandasnya kapal kargo raksasa Ever Given di Terusan Suez yang menghambat arus lalu-lintas selama hampir sepekan.

Kapten dan kru dijadikan tahanan rumah. Sebagian besar kru yang diamankan berasal dari India. Hal ini membuat pemerintah dan organisasi pelaut India khawatir para pekerja mereka yang berjumlah 25 orang bakal dijatuhi hukuman penjara lama.

Melansir The Sun, Rabu (31/3/2021), saat ini penyelidikan masih berlangsung untuk mendalami dugaan kapal yang disewa perusahaan Evergreen Line itu kandas akibat angin kencang serta badai pasir, sehingga membuatnya keluar dari jalur.

Otoritas Terusan Suez menyatakan, ada kemungkinan kesalahan manusia yang membuat kapal kandas sehingga menyumbat jalur strategis yang menghubungkan Eropa dan Asia itu.

Meski sudah bisa dilintasi, insiden selama 6 hari ini membuat perdagangan dunia merugi hingga 42 miliar poundsterling atau setara Rp842 triliun.

Sementara itu Direktur Uni Eropa (UE) untuk organisasi satwa, Gabrile Paun, mengatakan, macetnya Terusan Suez bisa digolongkan sebagai tragedi terburuk yang mengganggu kesejahteraan hewan.

Ada sekitar 16 kapal yang membawa hewan ternak dari UE ke Teluk Persia yang terjebak selama beberapa hari. Hal itu membuat sekitar 200.000 hewan ternak dalam situasi sangat kritis.

Menurut regulasi pengiriman hewan UE, kapal yang membawa hewan hidup perlu memuat 25 persen lebih banyak pangan sebagai antisipasi jika terjadi keterlambatan. Hal itu membuat kapal pengangkut kewalahan dan hewan ternak terancam mati. (the sun/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2