Rudal Israel Bombardir Syria, Warga Sipil Tewas - Waspada

Rudal Israel Bombardir Syria, Warga Sipil Tewas

  • Bagikan
Empat orang dilaporkan tewas oleh serangan rudal Israel di Syria pada Rabu (24/11/2021). Dua dari empat korban jiwa tersebut merupakan warga sipil. Egypt Independent

     DAMASKUS, Syria (Waspada): Empat orang tewas akibat serangan rudal Israel pada Rabu (24/11/2021) yang menargetkan sebuah wilayah Syria, tempat bermarkasnya para petempur yang setia kepada kelompok Hizbullah di Libanon. Dua dari empat korban jiwa tersebut merupakan warga sipil.

     Observatorium Syria untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), sebuah kelompok pemantau perang Suriah yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa rudal-rudal Israel menghantam sebuah daerah dekat tiga desa di sebelah barat provinsi Homs. SOHR bergantung pada sumber-sumber di lapangan untuk setiap laporannya.

     Seperti diberitakan kantor berita AFP, SOHR menyatakan serangan itu menewaskan empat orang, termasuk dua warga sipil. Tidak diketahui apakah dua korban jiwa lainnya adalah warga sipil atau tentara.

     Menurut kantor berita resmi Syria, SANA, yang mengutip seorang pejabat militer, dua warga sipil telah tewas dan tujuh orang terluka dalam serangan yang dilakukan saat fajar tersebut.

     “Agresi (Israel) mengakibatkan kematian dua warga sipil dan melukai enam tentara dan satu warga sipil,” kata pejabat militer Syria itu. Serangan itu menargetkan posisi di bagian tengah negara itu, katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang lokasi tersebut.

     SANA melaporkan bahwa pertahanan udara Syria “menghalau agresi tersebut dan menembak jatuh sebagian besar rudal”. Sementara itu, militer Israel, yang jarang mengakui serangan-serangan di Suriah, menolak mengomentari laporan tersebut.

     Israel telah berulang kali menyatakan tidak akan membiarkan negara tetangga Syria menjadi landasan peluncuran serangan musuh bebuyutannya, Iran.

     Sejak perang saudara pecah di Syria pada tahun 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di wilayah Syria, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan kelompok Hizbullah.

     Sebelumnya, serangan serupa pada 3 November lalu menghantam posisi yang dikuasai oleh pemerintah Suriah dan sekutunya yang pro-Iran di dekat Damaskus, ibu kota Syria.

     Pada 30 Oktober, lima milisi pro-Iran tewas dalam serangan Israel yang menghancurkan senjata dan amunisi Hizbullah dan Iran di dekat Damaskus.

     Serangan Israel pada pertengahan Oktober menewaskan sembilan pejuang pro-pemerintah di dekat pangkalan udara T4 di timur Palmyra di Syria tengah, menurut sumber yang sama. (afp/m11)

  • Bagikan