Waspada
Waspada » Rekor Dunia, Burung Falcon Laku Rp2,5 Miliar Di Arab Saudi
Internasional

Rekor Dunia, Burung Falcon Laku Rp2,5 Miliar Di Arab Saudi

Burung falcon yang laku terjual seharga Rp2,5 miliar di lelang tahunan di Arab Saudi. Arab News

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Seekor burung falcon di Arab Saudi terjual dengan harga lebih dari US$170.000 atau Rp2,5 miliar di lelang tahunan 45 hari burung pemburu yang sering diadakan di Saudi.

Dilansir AL Arabiya, Minggu (18/10/2020), harga selangit itu dinilai berdasarkan bentuk burung yang unik serta kelangkaannya, kata penyelenggara lelang Saudi Falcon Club, dalam sebuah pernyataan.

Pihak lelang menambahkan, burung yang terjual itu adalah jenis Shaheen muda, sejenis elang peregrine dengan berat 1,1 kg yang ditangkap dari alam liar di Hafer al-Batin, timur laut Arab Saudi. Ini merupakan penjualan termahal secara global.

Falcon diketahui memiliki kecepatan terbang yang dapat melebihi 300 kilometer per jam, serta menjadi warisan budaya di gurun Arab Saudi dan negara-negara tetangga sejak ribuan tahun lalu.

Para pemilik Falcon di negara Teluk biasanya akan mencari peluang berburu dengan bepergian membawa burung mereka di dalam kabin pesawat menuju negara-negara seperti Pakistan, Maroko, dan kawasan Asia Tengah selama musim dingin.

Namun kini Falcon diakui secara internasional sebagai hewan yang terancam punah, dan setiap negara mempunyai aturan berbeda-beda dalam mengatur aktivitas penjualan, penangkapan, pembiakan bahkan perburuan.

Lelang dari tanggal 3 Oktober hingga 15 November ini diselenggarakan oleh Saudi Falcon Club yang didirikan pemerintah sebagai salah satu cara untuk melestarikan dan memelihara kegiatan warisan budaya. (al Arabiya/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2