Waspada
Waspada » Ratusan Mayat Korban Covid-19 Bergelimpangan Di Jalanan Bolivia
Internasional

Ratusan Mayat Korban Covid-19 Bergelimpangan Di Jalanan Bolivia

SUCRE, Bolivia (Waspada) Kepolisian Bolivia menemukan lebih dari 400 mayat di jalanan dan rumah-rumah dalam waktu lima hari terakhir. Sebagian besar dari mayat-mayat itu diyakini meninggal akibat virus Corona (Covid-19) di Bolivia.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/7/2020), Kepala Kepolisian Nasional Bolivia, Coronel Ivan Rojas, menuturkan bahwa 191 mayat ditemukan area metropolitan Cochabamba antara 15-20 Juli, sedangkan 141 mayat lainnya ditemukan di wilayah kota La Paz.

Kemudian 68 mayat ditemukan di Santa Cruz, kota terbesar di Olivia, Area metropolitan Santa Cruz merupakan area yang terdampak Covid-19 paling parah di Bolivia.

Separuh dari total kasus Corona di negara ini muncul di Santa Cruz.

Dalam pernyataannya, Rojas menyebut sekitar 85 persen dari mayat-mayat itu merupakan ‘kasus positif Covid-19 dan kasus dengan gejala Covid-19, jadi akan dicatat sebagai kasus suspek’.

Sementara yang lain, sebut Rojas, meninggal akibat ‘penyebab-penyebab lain, yang berarti kematian dari penyakit atau penyebab kekerasan’.

Tidak diketahui pasti bagaimana bisa mayat-mayat itu telantar dan tidak dimakamkan dengan layak.

Menurut kantor epidemiologi nasional, wilayah Cochabamba dan La Paz mengalami ‘kenaikan cepat’ kasus Corona.

Menimbulkan masalah pelik

Direktur Institut Investigasi Forensik, Andres Flores, menyatakan bahwa antara 1 April hingga 19 Juli, lebih dari 3 ribu mayat ditemukan di luar rumah sakit, diidentifikasi sebagai kasus terkonfirmasi atau kasus suspek Corona.

Situasi ini menimbulkan permasalahan pelik, warga yang tidak mendapatkan akses pemakaman memilih meletakan jenazah anggota keluarganya di pinggir jalan atau membiarkannya berada di dalam rumah.

Untuk mencegah potensi ancaman kesehatan akibat pembusukan jenazah di area terbuka dan kediaman pribadi, polisi di tiga kota besar Bolivia mengadakan operasi pengumpulan jenazah yang tergeletak di jalan maupun rumah.

Dikutip dari data Worldometers, Rabu, Bolivia mencatatkan 62.357 kasus virus corona dengan 2.273 korban tewas. Sementara dalam 24 jam terakhir tercatat ada 1.366 kasus baru. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2