Pertamakalinya, Kematian Harian Covid-19 Rusia Lampaui 1.000 - Waspada

Pertamakalinya, Kematian Harian Covid-19 Rusia Lampaui 1.000

  • Bagikan
Petugas medis di Kommunarka, Rusia, pada Sabtu membawa seorang pasien yang terinveksi virus corona. Jumlah kematian harian Covid-19 di Negeri Beruang Merah telah melampaui 1.000 jiwa untuk pertama kali sepanjang pandemic. AP

     MOSKOW, Rusia (Waspada): Jumlah kematian harian Covid-19 Rusia telah melampaui 1.000 jiwa untuk pertama kali sepanjang pandemi, ketika negara itu menghadapi gelombang peningkatan infeksi yang berkelanjutan.

     Melansir kantor berita Associated Press, Minggu (17/10/2021), gugus tugas Covid-19 Rusia pada Sabtu melaporkan 1.002 kematian pada hari sebelumnya. Jumlahnya naik dari 999 pada laporan Jumat. Dengan 33.208 kasus Covid-19 baru yang dikonfirmasi, 1.000 kasus lebih tinggi dari hari sebelumnya.

     Pihak berwenang Rusia mencoba mempercepat laju vaksinasi dengan lotre, bonus, dan insentif lainnya. Tetapi skeptisisme vaksin yang meluas dan sinyal yang bertentangan dari para pejabat menghalangi upaya tersebut.

     Kremlin mengatakan minggu ini bahwa sekitar 43 juta orang Rusia, atau sekitar 29 persen dari hampir 146 juta penduduk negara itu, telah divaksinasi sepenuhnya.

     Terlepas dari jumlah korban yang meningkat, Kremlin mengesampingkan penguncian nasional baru seperti yang dilakukan pada awal pandemi dan telah sangat merugikan ekonomi, serta mengikis popularitas Presiden Rusia Vladimir Putin.

     Sebaliknya, Rusia kini mendelegasikan kekuasaan untuk menegakkan pembatasan Covid-19 kepada otoritas regional. Beberapa dari 85 wilayah Rusia telah membatasi kehadiran di acara publik besar dan akses terbatas ke teater, restoran, dan tempat lainnya. Namun, kehidupan sehari-hari sebagian besar berjalan seperti biasa di Moskow, Saint Peterburg, dan banyak kota Rusia lainnya.

     Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengakui bahwa fasilitas medis berada di bawah tekanan yang meningkat. Pihak berwenang kata dia, telah menawarkan pensiunan petugas medis yang telah divaksinasi pilihan untuk kembali bekerja.

     Secara keseluruhan, gugus tugas Covid-19 Rusia telah mencatat lebih dari 7.958.000 kasus yang dikonfirmasi dan 222.315 kematian, jumlah kematian tertinggi di Eropa.

     Rekor resmi menempatkan Rusia sebagai negara dengan kematian pandemi terbanyak kelima di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, India, dan Meksiko.

     Namun, badan statistik negara bagian Rosstat, yang juga menghitung kematian di mana virus tidak dianggap sebagai penyebab utama, melaporkan jumlah kematian pandemi yang jauh lebih tinggi, sekitar 418.000 orang dengan Covid-19 pada Agustus.

     Berdasarkan angka itu, Rusia akan menempati peringkat keempat negara yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19 di dunia, di depan Meksiko. (ap/m11)

  • Bagikan