Waspada
Waspada » Pentagon Rilis 3 Video Penampakan UFO
Internasional

Pentagon Rilis 3 Video Penampakan UFO

Tangkapan layar penampakan UFO oleh pilot Angkatan Laut AS yang dirilis Pentagon ke publik, Selasa (28/4/2020). AFP

WASHINGTON, AS (Waspada): Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) secara resmi merilis tiga video yang diambil oleh para pilot Angkatan Laut yang menunjukkan penampakan objek asing alias UFO.

Rekaman video yang menunjukkan objek berwarna hitam dan putih kasar itu sebelumnya telah bocor ke publik. AL AS pun telah mengakui bahwa itu adalah video milik mereka.

Pentagon pada Senin (27/4/2020) waktu setempat menyatakan bahwa rilis video tersebut semata-mata untuk menjernihkan kesalahpahaman publik yang meragukan apakah rekaman yang telah beredar itu betul-betul nyata atau tidak, atau; apakah ada lebih banyak video di Pentagon.

“Fenomena udara yang diamati dalam video-video itu tetap ditandai sebagai objek ‘tidak dikenal’,” demikian pernyataan Pentagon yang dikutip AFP, Selasa (28/4/2020).

Salah satu video diambil pada November 2004 dan dua lainnya pada Januari 2015. Dalam salah satu video, prajurit yang bertugas sebagai operator sensor senjata sepertinya kehilangan penguncian pada objek lonjong yang bergerak cepat yang beberapa detik kemudian tiba-tiba berakselerasi ke kiri hingga berada di luar jangkauan penglihatan.

Dalam video lain yang melacak objek di atas awan, seorang pilot bertanya-tanya apakah itu adalah pesawat tanpa awak. “Ya ampun! Mereka semua akan melawan angin! Angin 120 knot (222 km/jam) dari barat!” ujar pilot lainnya. “Lihatlah benda itu,” kata pilot yang pertama ketika objek mulai berputar.

Video-video tersebut sebelumnya telah dirilis oleh surat kabar New York Times dan Akademi Seni dan Sains To The Stars (kelompok yang didirikan oleh gitaris Blink-182, Tom DeLonge).

Pensiunan pilot Angkatan Laut AS, David Fravor, yang melihat salah satu UFO itu pada 2004, mengatakan bahwa objek tersebut bergerak tidak menentu. “Ketika saya mendekati itu, dia dengan cepat berakselerasi ke selatan, dan menghilang dalam waktu kurang dari dua detik,” kata Fravor kepada CNN pada 2017. “Ini sangat mendadak, seperti bola pingpong, memantul dari dinding. Dia akan mengenai dan pergi ke arah lain,” tuturnya.

Mantan senator Nevada, Harry Reid, menyambut rilis video tersebut. “Saya senang Pentagon akhirnya merilis rekaman ini. AS perlu memperhatikan ini dengan serius, harus ada kajian ilmiah tentang fenomena ini dan setiap implikasi keamanan nasional yang potensial. Rakyat Amerika layak mendapat informasi,” ujarnya.

Pada Desember 2017, Pentagon mengakui mendanai program rahasia jutaan dolar AS untuk menyelidiki penampakan UFO, meskipun dikatakan proyek itu telah berakhir pada 2012. (afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2