Waspada
Waspada » Penipuan Vaksinasi Covid-19 Di Brasil, Pasien Disuntik Jarum Kosong
Internasional

Penipuan Vaksinasi Covid-19 Di Brasil, Pasien Disuntik Jarum Kosong

RIO DE JANEIRO, Brasil (Waspada): Kepolisian Brasil pada Rabu waktu setempat tengah menyelidiki dugaan penipuan vaksinasi corona di Kota Rio de Janeiro.

Penyelidikan dilakukan setelah polisi mendapat laporan sejumlah foto yang memperlihatkan sekelompok petugas medis menyuntikkan jarum suntik dengan tabung kosong tanpa isi vaksin Covid-19 ke lengan beberapa lansia.

Dikutip dari Reuters, Jumat (19/2/2021), Kepolisian meminta petugas medis dan pemerintah daerah membantu mengklarifikasi dugaan tersebut.

Polisi juga ingin memastikan apakah dosis-dosis vaksin yang telah disiapkan pemerintah selama ini benar-benar digunakan tepat sasaran.

Polisi setidaknya sudah menerima tiga laporan kasus serupa di Rio de Janeiro. Media lokal menggambarkan kasus itu sebagai kasus “shots of air” atau “suntikan udara” di mana para petugas medis memberikan suntikan palsu dengan tabung jarum suntik yang kosong.

Sejumlah video beredar di media sosial menunjukkan bahwa petugas kesehatan menyuntikkan jarum suntik kosong ke lengan banyak orang.

Sementara itu, Dewan Keperawatan Rio de Janeiro mengatakan para petugas yang terekspos dalam video itu telah dipecat. Sementara itu, para lansia yang menjadi penipuan telah mendapat suntikan vaksin corona asli.

Jika penyelidikan kepolisian Brasil benar-benar menemukan tindak penipuan vaksinasi, para pelaku yang terlibat bisa dikenakan sanksi hingga 12 tahun penjara. (reuters/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2