Waspada
Waspada » Penambang Australia Temukan Bongkahan Emas Senilai Rp3,7 Miliar
Internasional

Penambang Australia Temukan Bongkahan Emas Senilai Rp3,7 Miliar

Brent Shannon dan Ethan West menunjukkan dua bongkah emas yang membuat mereka kaya mendadak. The Sun

VICTORIA, Australia (Waspada): Dua bongkah emas yang ditaksir memiliki nilai sekitar AUS$350.000 (Rp3,7 miliar) telah ditemukan oleh sepasang penambang bernama Brent Shannon dan Ethan West di Australia.

Keduanya menemukan logam mulia itu di dekat kota tambang emas Tarnagulla di negara bagian Victoria sebagaimana dilansir dari BBC, Jumat (21/8/2020). Temuan besar mereka disiarkan melalui program televisi Aussie Gold Hunters dari Discovery Channel.

Shannon dan West menggali tanah dan menggunakan detektor logam untuk mendeteksi emas di daerah tersebut. “Ini jelas salah satu penemuan paling signifikan,” kata Ethan West kepada CNN.

West menambahkan mendapat dua bongkah emas dalam satu hari sungguh merupakan hal yang menakjubkan. Mereka menemukan dua bongkah emas yang jika digabungkan beratnya mencapai 3,5 kilogram.

Mereka mendapatkan dua bongkah logam mulia itu setelah menggali beberapa jam. Aussie Gold Hunters yang juga disiarkan di Inggris ini mengikuti tim pencari emas yang menggali di ladang emas di daerah terpencil Australia.

“Saya pikir kami mendapat kesempatan,” kata Shannon kepada acara televisi Australia, Sunrise. Dia menambahkan emas tersebut ditemukan di area yang masih perawan, yang artinya tidak tersentuh dan belum ditambang.

Discovery Channel juga mengatakan kolektor dapat membayar hingga 30 persen lebih mahal untuk kedua bongkah emas tersebut daripada nilai jual perkiraan mereka.

Pada 2019, seorang pria Australia dilaporkan menemukan bongkahan emas seberat 1,4 kilogram dengan nilai yang ditaksir sekitar AUS$100.000 (Rp1 miliar). Pria tersebut berhasil menemukan sebongkah emas itu berkat menggunakan detektor logam.

Penambangan emas di Australia sendiri dimulai pada era 1850-an dan tetap menjadi industri yang signifikan di negara tersebut. Kota Tarnagulla didirikan selama Demam Emas Victoria dan menjadi sangat kaya selama periode waktu tertentu ketika para pencari emas pindah ke sana untuk mendapatkan kekayaan. (bbc/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2