Waspada
Waspada » Pemukim Israel Paksa Masuki Kompleks Masjid Al-Aqsa
Internasional

Pemukim Israel Paksa Masuki Kompleks Masjid Al-Aqsa

Sejumlah pemukim Israel dengan pengawalan polisi menyerbu memasuki kawasan kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem meski wilayah ini ditutup guna menghindari penyebaran virus corona. Anadolu

JERUSALEM, Palestina (Waspada): Organisasi nirlaba Palestina melaporkan puluhan pemukim Yahudi yang dikawal oleh polisi Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

Dilansir Anadolu Agency, Selasa (29/9/2020), dalam sebuah pernyataan, Wakaf Islam Yerusalem mengatakan 45 pemukim memasuki situs Masjid Al-Aqsa melalui kompleks Gerbang al-Mugharbah.

Wakaf Islam Yerusalem mengatakan 45 pemukim Israel memasuki lokasi tersebut melewati Gerbang Mugharbah. Otoritas keagamaan Palestina sudah berulang kali mendesak pemerintah Israel agar menghentikan kunjungan para pemukim sebab kehadiran mereka akan memicu gesekan dengan jamaah Muslim.

Kompleks Masjid Al Aqsa sejak 18 September lalu ditutup selama tiga pekan guna mencegah penyebaran virus corona. Meski Masjid Al Aqsa ditutup, tapi azan sebagai penanda masuk waktu shalat akan terus dikumandangkan di Kota Tua Yarusalem.

Menurut Anggota Otoritas Wakaf Hatem Abdel Qader, keputusan penutupan Masjid Al Aqsa dilakukan karena adanya lonjakan kasus COVID-19 di Israel dan Palestina. Harapannya, masyarakat bisa memahami keputusan tersebut.

“Menangguhkan masuknya jamaah ke Masjid Al Aqsa mulai Jumat Sore (18 September) selama tiga minggu. Kami berharap warga memahami prosedur ini untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka,” jelas Hatem Abdel Qader kepada AFP seperti dikutip dari Al Arabiya.

Selama penutupan, hanya karyawan Wakaf yang tetap diperbolehkan untuk melaksanakan sholat di Masjid Al Aqsa. Di masa pandemi ini, Al Aqsa memang sering buka tutup, pertama kali ditutup pada awal pandemi dan sepanjang bulan Ramadan.

Kemudian akhir Mei Al Aqsa kembali dibuka dengan menerapkan jarak sosial. Shalat berjamaah di Masjid Al Aqsa dimulai Minggu (31/5) pada salat subuh.

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat paling suci ketiga di dunia bagi umat tiga agama. Yahudi menyebut situs itu sebagai Kuil Gunung dan mengakunya sebagai salah satu dari dua situs Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Jerusalem Timur, tempat Masjid Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel pada 1967. Israel mencaplokl seluruh kota tersebut pada 1980, langkah yang tidak pernah diterima oleh masyarakat internasional. (afp/anadolu/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2