Waspada
Waspada » Pemimpin KKK Tabrak Massa Pendukung George Floyd
Internasional

Pemimpin KKK Tabrak Massa Pendukung George Floyd

Harry H Rogers, pemimpin kelompok rasial KKK yang menabrakkan mobilnya kea rah massa Black Lives Matter. Daily Mail

RICHMOND, AS (Waspada): Seorang pria menabrakkan mobilnya ke arah sekelompok demonstran Black Lives Matter di Negara Bagian Virginia, Amerika Serikat. Setelah diselidiki, pelaku ternyata adalah pemimpin Ku Klux Klan (KKK) di daerah itu.

KKK adalah kelompok rasial supremasi kulit putih di Amerika Serikat. Kelompok ini sangat anti dan membenci orang-orang yang memiliki ras selain kulit putih. Pelaku bernama Harry H Rogers (36), diduga melewati kerumunan massa pengunjuk rasa yang menghalangi jalan di Richmond, Virginia.

Ketika itu, para demonstran secara damai menggelar aksi protes atas kematian George Floyd—seorang pria berkulit hitam yang meninggal di tangan polisi Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, 25 Mei lalu.

Satu orang tertabrak saat kendaraan Rogers melaju ke arah kerumunan. Akan tetapi, kondisi korban tidak terluka parah.

“Rogers mengemudi dengan ceroboh di sekitar (lokasi) aksi protes dan menghidupkan mesin sebelum menerobos kerumunan itu dengan truk pikapnya,” ungkap jaksa penuntut di Virginia, Shannon Taylor, dikutip Sky News, Selasa (9/6/2020).

Taylor mengatakan, pihak berwenang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan tuduhan kejahatan rasial terhadap terhadap Rogers. Apalagi, pelaku adalah seorang pemimpin Ku Klux Klan yang diakui di kalangan pemuja supremasi kulit putih di Virginia.

Arsip Rogers dari tahun-tahun sebelumnya menunjukkan pria itu mengenakan jubah KKK dan mengibarkan Bendera Negara Konfederasi Amerika.

Untuk diketahui, Negara Konfederasi Amerika adalah negara yang dibangun kelompok separatis AS pada abad ke-19 yang tidak menentang konsep kesetaraan kelompok kulit putih dan kulit hitam. (sky news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2