Waspada
Waspada » Pembunuhan Khashoggi: Dua Mantan Pembantu MBS Dituntut Pengadilan Turki
Internasional

Pembunuhan Khashoggi: Dua Mantan Pembantu MBS Dituntut Pengadilan Turki

Ini merupakan gabungan rekaman video CCTV yang memperlihatkan 20 terdakwa pelaku pembunuhan Jamal Khashoggi di Bandara Ataturk, Istanbul, pada 10 Oktober 2018 lalu yang digunakan sebagai bukti dalam persidangan yang dilakukan Jumat (3/7/2020). AFP

ISTANBUL, Turki (Waspada): Pengadilan Turki pada Jumat (3/7/2020) waktu setempat telah membuka persidangan 20 pejabat Saudi yang didakwa atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 silam.

Hal itu merupakan langkah yang diharapkan oleh tunangan Khashoggi untuk dapat mengungkap kebenaran di balik kematian pria yang nyaris jadi suaminya itu serta mengungkap di mana jenazah Khashoggi disembunyikan.

Dari 18 orang itu, Jaksa Pengadilan Istanbul menuduh 2 orang mantan pembantu setia Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman Al Saud (MBS), terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Dua mantan pembantu setia itu adalah Ahmed Al Asiri, mantan wakil kepala intelijen umum Arab Saudi dan Al Qahtani, mantan penasihat pengadilan kerajaan Arab Saudi.

Berdasarkan keterangan kantor kejaksaan pada Maret lalu, keduanya dituduh telah menghasut dalam pembunuhan berencana dan mengerikan yang menewaskan Khashoggi.

Sementara 18 terdakwa lainnya telah melakukan pembunuhan dengan mencekik Khashoggi, jurnalis yang juga dikenal sebagai kritikus aktif terhadap pemerintah Saudi. Sebanyak 20 orang terdakwa itu diharapkan diadili secara in absentia.

Peristiwa pembunuhan Khashoggi pada Oktober 2018 silam terjadi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, dan meninggalkan ‘noda’ pada hubungan antara Ankara dan Riyadh.

Selain itu, peristiwa kematian Khashoggi juga telah merusak citra Pangeran MBS di kancah internasional. Beberapa pemerintahan Barat serta CIA mengatakan bahwa mereka yakin kalau Pangeran MBS merupakan dalang dari pembunuhan itu. Tentu, tuduhan itu disangkal oleh pejabat Saudi. (Bloomberg/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2