Waspada
Waspada » Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Ibu Kota Saudi
Internasional

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Ibu Kota Saudi

Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menembakkan rudal guna menghalau serangan pemberontak Houthi. AFP

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Pemberontak Houthi di Yaman mengklaim telah melancarkan serangan berskala besar jauh ke wilayah Arab Saudi, Selasa (23/6/2020).

Stasiu televisi Houthi, Al Masirah, melaporkan serangan rudal menargetkan ibu kota Riyadh. Namun tak dijelaskan secara detail mengenai serangan tersebut, termasuk target yang disasar.

Juru bicara militer Houthi akan menyampaikan keterangan dalam beberapa jam. Sementara itu pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi menyatakan telah merontokkan sebuah rudal balistik yang menuju Riyadh.

Juru bicara pasukan koalisi Turki Al Malki mengatakan, pasukannya mencegat dan menghancurkan rudal dalam serangan disengaja yang ditujukan kepada warga sipil.

Selain itu pasukan juga merontokkan tiga rudal Houthi ditembakkan ke kota-kota perbatasan di bagian selatan Saudi, yakni Najran dan Jizan, serta beberapa drone bersenjata pada Senin malam.

Seorang saksi mata mengaku mendengar dua ledakan keras di langit Riyadh dan melihat kepulan asap di langit menjelang fajar. Serangan kembali dilancarkan oleh Houthi setelah masa gencatan senjata 6 pekan terkait pandemi virus corona berakhir pada bulan lalu.

Sejak itu pemberontak yang didukung Iran tersebut meluncurkan rudal serta serangan drone ke kota-kota Saudi. Sementara itu pasukan Saudi merespons dengan menggelar serangan udara. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2