Waspada
Waspada » Pemberontak Houthi Rudal Tentara Yaman Saat Shalat Di Masjid, 70 Tewas
Internasional

Pemberontak Houthi Rudal Tentara Yaman Saat Shalat Di Masjid, 70 Tewas

Pemberontah Houthi. Haaretz

DUBAI, UEA (Waspada): Sedikitnya 70 tentara Yaman tewas akibat serangan rudal yang ditembakkan oleh pemberontak pro-Syiah, Houthi.

Serangan ditujukan ke sebuah masjid di kamp militer Provinsi Marib, sekitar 170 kilometer dari Ibu Kota Sanaa, saat pasukan sedang menunaikan shalat Isya, Sabtu (18/1/2020) malam.

Sumber medis di rumah sakit Marib, tempat dipusatkannya para korban, mengatakan kepada kantor berita AFP, Minggu (19/1/2020), sejauh ini pihaknya menerima 70 jenazah tentara.

Kantor berita Saba mengabarkan, Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi, mengecam keras serangan tersebut dan menyebutnya sebagai tindakan pengecut dan teroris.

“Tindakan memalukan milisi Houthi tanpa ragu lagi membuktikan bahwa mereka enggan untuk (mencapai) perdamaian, karena mereka tak mengenal apa-apa selain kematian dan kehancuran serta kaki-tangan murahan Iran di kawasan tersebut,” kata Hadi.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan didukung koalisi militer pimpinan Arab Saudi, telah memerangi pemberontak Houthi, yang didukung Iran sejak 2014.

Saat itu pemberontak merebut Ibu Kota Sanaa dan menggulingkan pemerintahan Presiden Hadi.

Puluhan ribu orang, sebagian besar warga sipil, tewas dan jutaan lainnya mengungsi sejak 2015, sejak Saudi dan sekutu campur tangan dalam konflik untuk mendukung pemerintahan Hadi.

Konflik ini menurut PBB telah menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia karena mendorong negara itu ke ambang kelaparan. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2