Pasien Covid-19 Belanda Membludak, Tertinggi Sejak Mei

  • Bagikan
Personel medis di Rumah Sakit Maastricht UMC+, Belanda, merawat pasien virus corona. Banyak rumah sakit di Belanda tengah merasakan tekanan dari lonjakan pasien COVID-19. Reuters

     AMSTERDAM, Belanda (Waspada): Rumah sakit-rumah sakit di Belanda tengah merasakan tekanan dari lonjakan pasien COVID-19. Namun, kepala asosiasi rumah sakit negara itu mengingatkan bahwa yang terburuk masih akan datang.

     Jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit Belanda meningkat menjadi sekitar 2.000 orang pada Senin (15/11) waktu setempat, termasuk hampir 400 orang dalam perawatan intensif (ICU), yang merupakan level tertinggi sejak Mei.

     Dengan hampir 250 pasien baru setiap hari, rumah sakit akan melewati puncak musim dingin lalu yakni sekitar 2.800 pasien COVID-19 dalam waktu kurang dari seminggu. Demikian disampaikan kepala asosiasi rumah sakit Belanda, LNAZ, Ernst Kuipers kepada para anggota parlemen.

     “Kita belum melihat puncaknya, jumlahnya akan terus meningkat,” kata Kuipers seperti dikutip kantor berita Reuters, Selasa (16/11/2021). Saat ini rumah sakit di seluruh negeri telah mengurangi perawatan rutin selama berminggu-minggu untuk menangani pasien COVID-19 yang mendesak.

     Rumah sakit di provinsi Limburg, Belanda selatan, salah satu daerah yang paling parah dihantam pandemi, pekan lalu bahkan mengatakan mereka tidak memiliki ruang atau staf untuk menangani lebih banyak pasien virus Corona.

     Belanda telah kembali berada di bawah lockdown (penguncian) parsial atau sebagian sejak Sabtu (13/11) lalu, setelah pemerintah memerintahkan restoran dan toko untuk tutup lebih awal dan melarang penonton menghadiri acara olahraga besar, dalam upaya untuk menahan lonjakan kasus yang cepat.

     Lebih dari 100.000 kasus baru infeksi virus Corona tercatat dalam seminggu hingga Senin (15/11), level tertinggi selama satu minggu sejak dimulainya pandemi.

     Dalam sepekan terakhir, rata-rata sekitar 14.500 kasus baru dikonfirmasi setiap hari di negara berpenduduk 17,5 juta jiwa itu. Angka ini mengalahkan rekor sebelumnya yang hanya di bawah 13.000 kasus infeksi dalam satu hari pada Desember tahun lalu.

     Sekitar 85 persen populasi orang dewasa di Belanda telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19. Negara itu akan mulai memberikan suntikan booster kepada petugas kesehatan dan orang tua pada akhir minggu ini. (reuters/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *