Waspada
Waspada » Pangeran MBS Diancam Dibunuh Jika Normalisasi Hubungan Dengan Israel
Internasional

Pangeran MBS Diancam Dibunuh Jika Normalisasi Hubungan Dengan Israel

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman mendapat ancaman pembunuhan jika Saudi mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) dab Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel.

Dilansir Al-Jazeera, Jumat (23/10/2020), miliarder Israel-Amerika Serikat, Haim Saban, mengatakan dirinya diberitahu oleh pangeran yang akrab disebut MBS itu mengenai ancaman pembunuhan yang akan dilakukan oleh Iran, Qatar, bahkan rakyatnya sendiri jika Saudi menjalin hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.

Arab Saudi menjadi target selanjutnya misi Amerika Serikat memediasi negara-negara kawasan Arab dan Teluk agar bersedia menjalin hubungan resmi dengan Israel yang merupakan sekutunya.

Sebelumnya, AS di bawah pemerinatahan Donald Trump berhasil menengahi normalisasi hubungan UEA dan Bahrain dengan Israel yang ditandai dengan penandatanganan Abraham Accords di Gedung Putih pada 15 September lalu.

Dalam kesempatan itu, Trump sempat melontarkan optimisme bahwa Arab Saudi dan negara-negara Islam lainnya cepat atau lambat akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Saban mengatakan setelah mendapat ancaman pembunuhan tersebut, Pangeran Mohammad bin Salman menegaskan bahwa Arab Saudi tidak dapat bergabung dengan UEA dan Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Itu karena mungkin akan berakhir dengan putra mahkota dibunuh oleh Iran, Qatar, atau rakyatnya sendiri,” kata Saban. Pernyataan Saban berselang seminggu setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo mendesak Arab Saudi untuk mengikuti jejak Abu Dhabi dan Manama menjalin hubungan dengan Israel. (al Jazeera/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2