Waspada
Waspada » Pangeran Harry-Meghan Markle Keluar Dari Keluarga Kerajaan Inggris
Internasional

Pangeran Harry-Meghan Markle Keluar Dari Keluarga Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle. Daily Mail

LONDON, Inggris (Waspada): Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, memutuskan mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Sang pangeran dan istrinya mengumumkan hal tersebut di akun Instagram resmi mereka, @sussexroyal.

Hal ini semakin mempertegas bahwa Harry dan Meghan mundur agar dapat hidup dengan hasil pendapatan sendiri. Disebutkan pula bahwa Duke dan Duchess of Sussex akan tinggal di Inggris dan Amerika Serikat, negara asal Meghan Markle.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu,” demikian bunyi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Rabu (8/1/2020).

“Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan anak kami dengan menghargai tradisi kerajaan sembari memberikan ruang gerak agar kami dapat fokus untuk langkah selanjutnya,” tulis mereka.

https://www.instagram.com/p/B7EaGS_Jpb9/?utm_source=ig_web_copy_link

Ratu Kecewa

Ratu Elizabeth II dikabarkan sangat kecewa karena Pangeran Harry dan Meghan Markle tak mendiskusikan hal tersebut terlebih dulu dengan keluarga Kerajaan. Kerajaan merasa diperlakukan tak adil mengingat segala upaya mereka demi membahagiakan keluarga Pangeran Harry dan Meghan Markle.

“Ini sangat tidak adil bagi Ratu. Sungguh cara yang kurang pantas untuk memperlakukannya. Keluarga tentu mengerti mereka ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan pasti menolong mereka. Semua orang terpukul,” kata seorang sumber terdekat kepada Daily Mail, Rabu (8/1/2020).

Pihak Kerajaan Inggris sudah mengeluarkan pernyataan resmi menanggapi keputusan dramatis pasangan itu dengan menyebut niatan Harry dan Meghan untuk mundur masih terlalu dini untuk diputuskan.

Kehilangan Rp36 Miliar

Dengan tak lagi menjadi keluarga ‘senior’, keduanya tidak akan lagi mendapat sokongan dana dari Ratu Elizabeth II dan harus membiayai hidupnya sendiri. Sekadar info, setiap tahunnya Ratu Elizabeth II mendapat upah “Sovereign Grant” sebesar 82 juta pound sterling (sekitar Rp1,4 triliun) dari pajak rakyat.

Dari dana tersebut, Ratu Elizabeth II mengalokasikan 5 juta pound sterling untuk Pangeran Harry dan kakaknya, Pangeran William. Diperkirakan, Pangeran Harry menerima jatah untuknya sendiri sebesar 2 juta pound sterling (sekitar Rp36 miliar). (daily mail/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2