Waspada
Waspada » Pangeran Arab Saudi Nawaf bin Saad Al-Saud Tutup Usia
Internasional

Pangeran Arab Saudi Nawaf bin Saad Al-Saud Tutup Usia

Pangeran Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al-Saud. Sada el Balad

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Otoritas Arab Saudi mengumumkan kematian Pangeran Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al-Saud. Kabar duka ini disampaikan oleh kantor berita Saudi Press Agency.

Dilansir Arab News, Rabu (21/10/2020) SPA melaporkan bahwa doa pemakaman diadakan pada Selasa (20/10) di ibu kota Kerajaan, Riyadh. Namun kantor berita pemerintah Saudi itu tidak dijelaskan soal penyebab wafatnya sang pangeran.

Tidak ada informasi tentang posisi resmi almarhum Pangeran Nawaf, sementara sejumlah pangeran dari keluarga penguasa menduduki posisi di pemerintah, dan ribuan lainnya menjalani kehidupan pribadi mereka jauh dari pusat perhatian.

Sementara itu, Raja Yordania Abdullah menyampaikan belasungkawa kepada Raja Salman, keluarga kerajaan dan rakyat Arab Saudi, demikian kantor berita negara Petra melaporkan.

Surat kabar Al Khaleej Today edisi Rabu (21/10) melaporkan, mendiang Pangeran Nawaf adalah putra Pangeran Saad bin Saud bin Abdulaziz, wakil menteri pertama Emirat di Wilayah Perbatasan Utara, dan mantan kepala Pengawal Nasional.

Ibu Nawaf adalah Putri Noura binti Faisal Al Saud, dan ia memiliki dua saudara laki-laki. Almarhum Pangeran Nawwaf menikah dengan Putri Abeer binti Sultan Al-Rashid, dan ia memiliki dua anak, Pangeran Abdulaziz dan Putri Maha.

Saat muda, almarhum mengenyam pendidikan di Akademi Militer King Abdulaziz selama satu tahun. Kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas King Saud jurusan media. Sepanjang hidupnya dia aktif pada sektor bisnis.

Tercatat sang Pangeran pernah menjabat sebagai presiden klub sepakbola Al Hilal pada Juni 2015 sampai April 2018. Nawaf adalah Pangeran Saudi keempat yang meninggal dunia pada tahun ini.

Pada 7 Juli Kerajaan mengumumkan kabar meninggalnya Pangeran Khalid bin Saud bin Abdul Aziz. Kantor berita Saudi, SPA melaporkan bahwa sang pangeran meninggal saat berada di luar negeri.

Pada 28 Juni lalu Pangeran Bandar bin Saad bin Mohammad bin Abdulaziz bin Saud bin Faisal Al Saud juga dikabarkan meninggal dunia. Kerajaan Arab Saudi mengonfirmasi kabar kematian sang pangeran.

Sebelumnya, 2 Juni, pihak kerajaan juga merilis kabar duka atas kematian Pangeran Saud bin Abdullah bin Faisal bin Abdulaziz Al Saud. Kabar ini menjadi kematian pertama rentetan kabar duka dari Kerajaan Saudi di tengah pandemi Covid-19.

Hanya saja, satu hari setelah kematian Pangeran Saud bin Abdullah bin Faisal bin Abdulaziz Al Saud, sebuah sumber medis mengungkapkan bahwa beberapa anggota keluarga kerajaan menjalani perawatan di rumah sakit dan di vila pribadi setelah kondisi kesehatannya memburuk akibat virus corona.

The New York Post pada April lalu melaporkan sebanyak 150 anggota Kerajaan Arab Saudi dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Saat itu Raja Salman yang berusia 84 tahun diisolasi di sebuah tempat di dekat Kota Jeddah. (arab news/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2