Waspada
Waspada » Osama bin Laden, Buaya Raksasa Pemangsa 80 Orang Akhirnya Ditangkap
Headlines Internasional

Osama bin Laden, Buaya Raksasa Pemangsa 80 Orang Akhirnya Ditangkap

Warga desa Luganga di Uganda, Afrika Timur, menangkap buaya sepanjang nyaris 5 meter yang dijuluki Osama bin Laden karena memangsa sedikitnya 80 orang. AFP

KAMPALA, Uganda (Waspada): Seekor buaya raksasa sepanjang hamper lima meter yang dijuluki ‘Osama bin Laden’ akhirnya berhasil ditangkap oleh warga di sebuah desa di Uganda karena telah memangsa sedikitnya 80 orang, termasuk anak-anak.

Dikutip dari laman The Sun, Jumat (11/6/6/2021), buaya berusia 75 tahun itu diyakini telah melakukan pembunuhan brutal selama 14 tahun di desa kecil Luganga. Menurut laporan, binatang buas itu biasa muncul di Danau Victoria, danau terbesar di Afrika, untuk menculik anak-anak.

Osama juga biasa berenang di bawah perahu nelayan untuk dengan sengaja membalikkan perahu dan memangsa mereka. Usia panjangnya itu membuat penduduk desa menjadi yakin bahwa makhluk itu “abadi” atau bahkan “setan”.

Warga desa Luganga di Uganda, Afrika Timur, menangkap buaya sepanjang nyaris 5 meter yang dijuluki Osama bin Laden karena memangsa sedikitnya 80 orang. AFP

Seorang pria yang menjadi korban selamat dari serangan reptil besar itu mengatakan bahwa ia menyaksikan bagaimana buaya itu membunuh saudara laki-lakinya.

Berbicara kepada surat kabar Sydney Morning Herald, Paul Kyewalyanga mengklaim bahwa ia saat itu sedang mendayung perahu di belakang saat di hadapannya saudaranya Peter memancing dan tiba-tiba buaya ganas itu melompat memangsanya.

“Osama baru saja muncul dari air secara vertikal dan menjatuhkan diri ke dalam perahu. Bagian belakang kapal tempat saya duduk terendam,” kata Kyewalyanga kepada wartawan.

Buaya itu mencengkeram kaki Peter dengan rahangnya yang besar dan mulai menariknya, mencoba memasukkannya ke dalam air. Kyewalyanga yang ketakutan berteriak-teriak meminta bantuan.

“Peter mencengkeram sisi perahu sambil berteriak. Mereka berkelahi selama sekitar lima menit sampai saya mendengar suara robekan,” kenang Kyewalyanga lagi mengingat kejadian yang menyeramkan itu.

“Peter berteriak, ‘dia mematahkan kakiku.’ Kemudian dia diseret ke dalam danau,” ungkapnya. “Beberapa hari kemudian kami menemukan kepala dan tangannya,” ujarnya.

Warga desa yang semakin ketakutan memutuskan untuk memburunya. Dilakukan pengintaian selama 7 hari 7 malam. Sebuah kelompook yang terdiri dari 50 pria lokal dan petugas satwa liar memikat binatang itu ke dalam perangkap dengan menggunakan sepasang paru-paru sapi sebagai umpan.

Warga desa Luganga di Uganda, Afrika Timur, menangkap buaya sepanjang nyaris 5 meter yang dijuluki Osama bin Laden karena memangsa sedikitnya 80 orang. AFP

Saat Osama dilaporkan melompat untuk mengambil paru-paru, dia secara tidak sengaja menggigit jerat yang melilit di sekitar giginya. Gambar yang diambil menunjukkan bagaimana mereka menahan binatang yang sedang meronta-ronta dengan tali dan mengangkatnya ke bagian belakang truk pick-up.

Namun, mereka yang ingin membunuh binatang buas itu diberitahu bahwa itu tidak diperbolehkan. “Bahkan dia memiliki hak. Dia tidak bisa dibunuh dengan adanya impunitas,” ujar pejabat berwenang.

Akhirnya, buaya itu dibawa ke peternakan buaya Uganda Crocs. Harapannya, ia bisa digunakan untuk membudidaya ribuan buaya raksasa lagi yang kulitnya bisa dijadikan tas untuk fashionista di luar negeri.

Saat ini peternakan tersebut menjadi daya tarik wisata, di mana anggota masyarakat dapat berkunjung untuk melihat 5.000 buaya yang digemukkan siap untuk disembelih. (the sun/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2