Nyetir Sambil Mabuk, Menteri Pertanian Irlandia DIpecat - Waspada

Nyetir Sambil Mabuk, Menteri Pertanian Irlandia DIpecat

  • Bagikan
Menteri Pertanian Irlandia Barry Cowen dipecat karena mengemudi dalam kondisi mabuk. Irish Examiner

DUBLIN, Irlandia (Waspada): Menteri Pertanian Irlandia Barry Cowen dipecat karena mengemudi dalam kondisi mabuk. Peristiwa ini sebenarnya terjadi 4 tahun lalu, namun ramai diperbincangkan kembali beberapa hari terakhir.

Dikutip dari Xinhua, Rabu (15/7/2020), Informasi ini pertama kali disampaikan stasiun radio dan televisi RTE, Selasa (14/7/2020) malam waktu setempat.

Cowen mengonfirmasi laporan tersebut melalui cuitan dengan mengatakan Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin telah memecatnya melalui telepon.

Martin mengatakan dalam rapat di majelis rendah Irlandia, Presiden Michael D Higgins telah memberhentikan Cowen sebagai anggota pemerintahan atas sarannya. Untuk sementara, Martin akan merangkap jabatan sebagai menteri pertanian.

Pada bulan ini, muncul beberapa laporan di media lokal bahwa Cowen pernah ditahan dan dihukum karena mengemudi dalam kondisi mabuk.

Dia didenda 200 euro serta dilarang mengemudi selama 3 bulan. Insiden tersebut terjadi pada September 2016 ketika Cowen dalam perjalanan pulang usai menyaksikan final sepak bola All-Ireland di Dublin.

Pria 52 tahun itu diangkat sebagai menteri pada 27 Juni ketika pemerintahan koalisi yang dipimpin ketua Partai Fianna Fail, Micheal Martin, dibentuk setelah melalui negosiasi berbulan-bulan dengan dua mitra lainnya, Partai Fine Gael dan Partai Hijau. Namun pembagian jabatan menteri di antara anggota Partai Fianna Fail menyebabkan perselisihan di kalangan internal.

Fianna Fail memiliki enam kursi di kabinet dari total 15 kursi. Sementara enam kursi dan tiga kursi lainnya masing-masing menjadi milik Partai Fine Gael dan Partai Hijau. (Xinhua/m11)

 

  • Bagikan