Waspada
Waspada » Najib Dilawan Anak Tirinya Di Persidangan Terkait Skandal 1MDB
Internasional

Najib Dilawan Anak Tirinya Di Persidangan Terkait Skandal 1MDB

Riza Aziz

KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Riza Aziz, yang merupakan anak tiri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, bersedia memberi kesaksian dalam skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Produser film The Wolf of Wall Street yang dibintangi Leonardo DiCaprio itu bersedia memberi kesaksian melawan ayah tirinya di pengadilan, dalam skandal korupsi besar-besaran tersebut.

Kabar ini mencuat hanya beberapa hari setelah Riza dituduh menerima uang dengan jumlah besar, terkait korupsi dana negara di skandal 1MDB Malaysia.

Uang miliaran dollar dikorupsi dan dibelanjakan untuk aneka keperluan, mulai dari kapal pesiar hingga karya seni bernilai sangat tinggi. Konon, skandal ini melibatkan eks PM Najib Razak dan kroni-kroninya.

Najib lengser dari kekuasaannya pada 2018, yang turut dipengaruhi kekesalan publik atas skandal 1MDB Malaysia. Ia pun langsung menghadapi proses peradilan.

Dilansir dari AFP, Selasa (19/5/2020) tuduhan kepada Riza ditangguhkan sebagai ganti dirinya menyerahkan aset lebih dari US$100 juta (Rp1,4 triliun) ke Malaysia. Namun keputusan dirinya dibebaskan dari hukuman penjara telah memantik kecaman dari para penduduk Malaysia.

Lalu muncul twist baru dalam drama ini pada Selasa ketika salah satu persidangan Najib dilanjutkan di Mahkamah Agung Kuala Lumpur, setelah sempat tertunda lama karena pandemi virus corona.

“Riza Aziz telah mengindikasikan kesediaannya untuk memberikan bukti bagi penuntutan dalam kasus ini,” kata Ketua Jaksa Penuntut Gopal Sri Ram sebelum persidangan.

Skandal 1MDB adalah kasus terbesar yang dihadapi Najib Razak. Ia dituduh menerima lebih dari US$500 juta (Rp 7,4 triliun) dari proyek 1MDB, perusahaan pembangun strategis milik pemerintah.

Ibu Riza, Rosmah Mansor yang menikah dengan Najib, juga menjadi sasaran kecaman publik selama suaminya menjabat jadi PM Malaysia. Kegemaran Rosmah belanja ke luar negeri dan koleksi tas mahalnya yang sangat banyak menjadi penyebabnya. Dia juga diadili karena kasus korupsi.

Riza telah dituduh menerima US$248,17 juta (Rp3,62 triliun) pada 2011 dan 2012 secara ilegal yang berasal dari 1MDB. Dana tersebut dikirim ke rekening bank produsen film Hollywood, Red Granite Pictures.

Selain The Wolf of Wall Street, Red Granite juga memproduksi film Dumb and Dumber 2 dan Daddy’s Home. Ada kecurigaan pencabutan tuduhan ke Riza terkait dengan kembali berkuasanya partai Najib baru-baru ini. Namun perdana menteri yang baru, menegaskan dia tidak ikut campur dalam kasus ini. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2