Waspada
Waspada » Nabi Muhammad Dihina, Ribuan Orang Bentrok Di India
Internasional

Nabi Muhammad Dihina, Ribuan Orang Bentrok Di India

Sebuah bus bekas terbakar teronggok di pinggir jalan usai kerusuhan yang dipicu oleh unggahan yang menghina Nabi Muhammad SAW di Bengaluru, India. AFP

BENGALURU, India (Waspada): Demonstrasi berujung bentrokan pecah di Kota Bengaluru, India, Selasa (11/8/2020) malam waktu setempat. Insiden berdarah ini dipicu oleh unggahan provokatif di Facebook yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Komentar menghina Nabi Muhammad SAW itu di-posting salah seorang anggota keluarga politikus lokal yang populer. Bentrokan terjadi di beberapa bagian Kota Bengaluru melibatkan ribuan orang.

Akibatnya dua orang tewas dan tiga lainnya luka akibat terkena tembakan polisi. Namun kepolisian Bengaluru mengklaim situasi saat ini sudah terkendali.

“Situasinya terkendali,” demikian cuitan Kepolisian Kota Bengaluru, seraya mengakui petugas menggunakan peluru tajam untuk membubarkan massa.

Tayangan video yang disiarkan stasiun televisi lokal menunjukkan sekelompok orang berkumpul di luar kantor polisi hingga terjadi bentrokan. Massa juga membakar beberapa kendaraan petugas.

Tayangan lain menunjukkan massa berkumpul di luar rumah politikus sambil berteriak, melempar batu, serta membakar kendaraan yang diparkir di sepanjang jalan.

Mengomentari kemarahan massa, pejabat kepolisian Bengaluru Kamal Pant mengatakan telah menangkap orang yang mengunggah pesan provokatif itu.

“Terdakwa Naveen ditangkap karena mengunggah postingan yang menghina,” kata Kamal Pant, dalam cuitan.

Polisi juga menangkap 110 orang atas tuduhan perusakan, pembakaran, pelemparan batu, dan penyerangan terhadap polisi yang menyebabkan beberapa petugas luka. Jam malam sempat diberlakukan di Bengaluru untuk membatasi pergerakan massa. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2