Waspada
Waspada » Militer China-India Bentrok, 20 Tewas
Internasional

Militer China-India Bentrok, 20 Tewas

NEW DELHI, India (Waspada): Sedikitnya 20 tentara India dilaporkan tewas dalam sebuah bentrokan dengan militer China di Ladakh, wilayah Kashmir yang menjadi sengketa, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Dilansir BBC, Rabu (17/6/2020), militer India semula mengatakan, tiga tentaranya tewas dalam bentrokan tersebut. Kemudian jumlah itu bertambah. “17 tentara India yang cedera kritis saat sedang bertugas” telah meninggal dunia, sehingga “total yang gugur dalam tugas adalah 20 (orang)”.

China tidak menyebutkan apakah ada serdadu di pihak mereka yang menjadi korban. Namun, Pemerintah China menuding tentara India telah melintasi perbatasan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa tentara India telah melintasi perbatasan, memprovokasi dan menyerang personel China, menyebabkan konfrontasi fisik yang serius antara pasukan perbatasan di kedua pihak

Kementerian urusan eksternal India menuding China melanggar kesepakatan yang ditetapkan pekan sebelumnya untuk saling menghormati Garis Kendali Aktual (LAC) di Lembah Galwan.

Koresponden BBC bidang diplomatik, James Robbins, melaporkan bahwa aksi kekerasan antara militer India dan China di Himalaya sangat serius, dan tekanan terhadap mereka akan berkembang agar insiden ini tidak berkembang menjadi pertikaian besar-besaran.

LAC tidak didemarkasi dengan baik. Keberadaan sungai, danau, dan timbunan salju membuat garis perbatasan bisa bergeser. Baik tentara India maupun China kerap berhadapan di sejumlah titik.

Selama ini India menuding China menduduki wilayah mereka seluas 38.000 kilometer per segi. Sejumlah perundingan dalam tiga dasawarsa gagal menuntaskan sengketa wilayah antara mereka.

China juga menuduh India melintasi perbatasan dan menyerang serdadu China. Pada Mei lalu, puluhan tentara India dan China terlibat baku hantam di perbatasan kedua negara, demikian laporan media India.

Sebanyak tujuh serdadu China dan empat serdadu India mengalami cedera, kata seorang pejabat militer di dekat sektor Naku La, Negara Bagian Sikkim, India, di dekat perbatasan China. (bbc/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2