Waspada
Waspada » Mesir Tutup Seluruh Masjid Selama Ramadan
Internasional

Mesir Tutup Seluruh Masjid Selama Ramadan

KAIRO, Mesir (Waspada): Pemerintah Mesir menyatakan seluruh masjid di negara itu harus ditutup selama bulan suci Ramadan, untuk menghindari penyebaran virus corona.

Seperti dilansir CNN, Rabu (8/4/2020), pernyataan itu disampaikan oleh Kementerian Agama Mesir.

“Seluruh masjid akan ditutup sampai tidak ada lagi laporan kasus infeksi virus corona di seluruh negeri, dan sampai Kementerian Kesehatan menyatakan kegiatan yang mengundang keramaian tidak lagi membahayakan kesehatan masyarakat,” demikian isi pernyataan tersebut.

Kementerian Agama Mesir juga memerintahkan untuk tidak menggelar kegiatan apapun di masjid selama Ramadan, seperti buka puasa bersama atau salat wajib dan Tarawih berjemaah.

Menurut Kementerian Agama Mesir, awal Ramadan ditetapkan pada 23 April mendatang. Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, di Mesir terdapat 1.450 kasus virus corona, dengan 94 kematian. Sedangkan penduduk yang sembuh mencapai 276 orang.

Sementara menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdapat 1.320 kasus virus corona di Mesir, dengan 85 orang meninggal.

Keputusan ini mirip dengan langkah yang diambil oleh Gereja Ortodoks Koptik Mesir yang menunda perayaan sebelum Paskah, Pekan Suci, hingga pada akhir April sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19.

Keputusan tersebut diambil pada Kamis pekan lalu dalam pertemuan yang dipimpin oleh Paus Tawadros II. Hal itu menjadi keputusan lanjutan pihak Gereja setelah pada bulan lalu memerintahkan penutupan gereja dan penundaan pelayanan keagamaan di seluruh penjuru Mesir.

“Peribadatan, termasuk kebaktian Pekan Suci, yang dianggap sebagai ritual paling penting di Gereja Ortodoks Koptik, akan ditangguhkan hingga pandemi terkendali,” kata pernyataan pihak Gereja dalam unggahan di Facebook.

Pekan Suci akan berlangsung sebelum perayaan Paskah yang oleh umat Ortodoks Koptik jatuh pada 19 April mendatang, satu pekan setelah Paskah umat Katolik Roma. (cnn/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2