Merek Wiski Malaysia Menuai Kontroversi - Waspada

Merek Wiski Malaysia Menuai Kontroversi

  • Bagikan

     KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Merek minuman beralkohol wiski ‘Timah’ menjadi kontroversi di Malaysia. Merek tersebut dianggap menyinggung nama putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah.

     Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (16/11/2021), wiski Timah memicu kontroversi setelah sejumlah pihak, termasuk Partai Islam Se-Malaysia (PAS), mempersoalkan nama dianggap menyinggung Fatimah.

     Mereka mengkritik label pada botol wiski Timah yang dianggap mirip pria mengenakan kopiah seperti kebiasaan umat Muslim. Namun, menurut produsen wiski itu, nama Timah merujuk pada tambang timah pada era kolonial di Malaya.

     Selain itu, mereka menyebut gambar pria pada botol tersebut merupakan Kapten Tristram Speedy yang merupakan perwira Inggris di Malaya pada era kolonial Inggris.

     Kontroversi ini memicu perhatian pemerintah Malaysia. Pemerintah sampai menggelar rapat khusus membahas masalah ini. Dalam rapat dengan jajaran Menteri Malaysia pada 28 Oktober lalu, produsen wiski tersebut meminta waktu untuk diskusi bersama para pemegang saham dan dewan direksi soal kemungkinan perubahan nama dan label botol.

     Dalam pernyataan terbaru via Facebook pada Sabtu pekan lalu, Menteri Transportasi Wee Ka Siong menyatakan kabinet telah membahas kontroversi merek whiskey. Dia menyebut masalah ini telah diselesaikan.

     Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen, Alexander Nanta Linggi, menyatakan kabinet sepakat mengizinkan produsen wiski itu mempertahankan merek Timah.

      Namun, pemerintah meminta produsen menyertakan informasi tambahan pada labelnya untuk menjelaskan kalau nama Timah mengacu pada biji timah. (cna/m11)

  • Bagikan