Manuskrip Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp188 Miliar - Waspada

Manuskrip Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp188 Miliar

  • Bagikan
Manuskrip tulisan tangan ilmuwan terkemuka Albert Einstein laku terjual dalam lelang seharga US$13,17 juta (sekitar Rp188 miliar) pada Selasa (23/11/2021) waktu setempat. Reuters

     PARIS, Prancis (Waspada): Catatan tangan yang ditulis Albert Einstein bersama ilmuwan lainnya terjual dalam lelang seharga US$13,17 juta (sekitar Rp188 miliar) pada Selasa (23/11/2021) waktu setempat.

     Dilansir kantor berita Reuters, Rabu (24/11/2021), manuskrip itu menggambarkan wawasan langka tentang pemikiran sang fisikawan legendaris yang mengarah ke teori relativitas umum hasil penemuannya.

     Rumah Lelang Christie’s pada awalnya memperkirakan nilai manuskrip itu antara 2 juta hingga 3 juta euro saja. Kertas setebal 54 halaman itu, sekitar setengahnya berisi tulisan tangan Einstein.

     Manuskrip itu adalah satu dari hanya dua dokumen yang diketahui berisi tulisan Einstein yang mendekati teorinya yang terkenal, yaitu teori relativitas umum.  Teori itulah yang di kemudian hari menjadi peletak dasar bagi kosmologi dan teknologi modern seperti navigasi GPS.

     Catatan-catatan berharga itu telah disimpan dalam pengawasan fisikawan Swiss, Michele Besso, teman dekat sekaligus rekan akademik Einstein, yang ikut menulis karya itu antara 1913 dan 1914.

     “Tulisan itu juga yang membuatnya sangat penting mengingat dokumen kerja Einstein sebelum 1919 sangat langka,” kata pakar dari Rumah Lelang Christie’s, Vincent Belloy, selaku tuan rumah lelang di Paris, Prancis.

     “Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya benar-benar luar biasa,” ujarnya.

     Sebagian besar isi manuskrip itu terdiri atas perhitungan tak berujung dengan tinta hitam di atas kertas yang lusuh dan sedikit menguning.

     Manuskrip itu menantang citra populer Einstein sebagai seorang jenius mutlak, karena catatan tersebut menunjukkan bahwa dia pun bahkan—atau setidaknya kadang-kadang—juga membuat kesalahan.

     “Einstein membuat kesalahan dalam naskah ini, dan menurut saya membuatnya lebih besar lagi, karena kita melihat kegigihan, pemikiran yang sedang dalam proses pembangunan, yang sedang diperbaiki dan diarahkan kembali,” kata Belloy. Rumah Lelang Christie’s tidak mengungkapkan nama pembeli manuskrip itu.

     Pada Mei, sebuah surat tulisan tangan lain Einstein yang menyebutkan persamaan E=mc² yang terkenal, yang jug menjadi bagian dari teori relativitas khususnya, terjual dengan harga sekitar satu juta euro di Amerika Serikat, lebih dari tiga kali harga perkiraannya.

     Teori relativitas umum Einstein yang diterbitkan pada 1915. Lewat teori itu, Einstein merevolusi fisika modern ketika dia pertama kali menggambarkan gravitasi sebagai lengkungan geometris ruang dan waktu, sebuah temuan yang tetap valid sampai sekarang. (reuters/m11)

  • Bagikan
Search and Recover