Manusia Tertua Di Dunia Meninggal Pada Usia 124 Tahun - Waspada

Manusia Tertua Di Dunia Meninggal Pada Usia 124 Tahun

  • Bagikan
Francisca Susano, yang diyakini sebagai orang tertua di dunia, meninggal pada Senin malam. Perempuan kelahiran 11 September 1897 disebut sebagai orang tertua di dunia sepanjang masa. Net

     KABANKALAN, Filipina (Waspada): Francisca Susano, yang diyakini sebagai orang tertua di dunia, meninggal pada usia 124 tahun. Ia adalah perempuan terakhir yang hidup sejak abad ke-19.

     Perempuan yang akrab disapa Lola Iska itu meninggal pada Senin malam (22/11/2021) di rumahnya di Filipina. Dia dilaporkan berusia 124 tahun, menjadikannya orang tertua di dunia sepanjang masa.

     Pemerintah daerah di kampung halamannya di Kabankalan, Negros Occidental, Filipina, membenarkan kabar duka tersebut di media sosial. Menurut para pejabat setempat, Francisca Susano adalah satu-satunya orang yang masih hidup di dunia yang lahir pada abad ke-19.

     Dilansir Daily Star, Jumat (26/11/2021), dokumen yang dikutip media itu menunjukkan bahwa Francisca Susano lahir pada 11 September 1897, setahun sebelum Spanyol melepaskan kekuasaan atas Filipina.

     1897 juga merupakan tahun penemuan sendok es krim, dan penemu Italia Guglielmo Marconi mengirim transmisi radio pertama melintasi laut. Hal-hal tersebut membuat Francisca Susano setua beberapa penemuan terpenting di zaman sekarang.

     Sejauh ini, pihak berwenang belum mengetahui pasti penyebab kematiannya. Namun, kecil kemungkinan penyebab kematiannya adalah Covid-19, karena dia tidak menunjukkan gejala penyakit tersebut.

     Menurut pejabat setempat, usia Francisca Susano melampaui pemegang rekor sebelumnya hampir dua tahun, meskipun sumber independen tidak dapat memverifikasi klaim ini sebelum kematiannya.

     Pada September 2021, Guinness World Records masih mencari dokumen yang diperlukan bagi Francisca Susano untuk secara resmi donobatkan sebagai orang tertua di dunia.

     Di Facebook, Pemerintah Kota Kabankalan mengatakan, “Kami sangat sedih ketika mendapat kabar bahwa Lola Francisca Susano yang kami cintai meninggal pada Senin malam 22 November ini.”

     Diyakini, nenek yang biasa dipanggil Lola Iska itu bertahan selama ini dengan menjalani diet sehat, terutama dari sayuran dan sedikit daging tanpa babi. Dia juga tidak minum minuman keras.

     Saat ini, pemegang rekor resmi untuk orang tertua di dunia adalah Jeanne Calment yang lahir pada 1875, dan meninggal pada usia 122 tahun 164 hari. Usianya diverifikasi secara independen ketika perempuan Perancis itu meninggal pada 1997 setelah hidup lebih lama dari putri dan cucunya. (daily star/m11)

  • Bagikan