Malaysia Rampungkan Menara Tertinggi Kedua Dunia

  • Bagikan
Malaysia tak lama lagi akan memiliki bangunan tertinggi kedua di dunia yang bernama Menara Merdeka 118. Menara ini memiliki tinggi 678,9 meter, hanya kalah dari Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. The Star

     KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Malaysia merampungkan pembangunan spire Menara Merdeka 118. Gedung ini merupakan yang tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

     Menara Merdeka 118 memiliki tinggi 678,9 meter, sementara Burj Khalifa 830 meter. Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dalam pidatonya dengan bangga mengumumkan penyelesaian menara meski di tengah pandemi Covid-19.

     Merdeka 118 juga akan menjadi menara pertama di Malaysia yang mendapatkan peringkat triple platinum dengan sertifikasi keberlanjutan internasional, termasuk Leadership in Energy and Environment Design (Leed) yang sangat bergengsi.

     “Ini bukan hanya pencapaian besar di bidang teknik, tapi juga semakin memperkuat posisi Malaysia sebagai negara modern dan maju,” katanya, seperti dilansir laman The Star, Kamis (2/12/2021).

Malaysia tak lama lagi akan memiliki bangunan tertinggi kedua di dunia yang bernama Menara Merdeka 118. Menara ini memiliki tinggi 678,9 meter, hanya kalah dari Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. The Star

     Nama Merdeka diambil lokasinya. Perdana Menteri Abdul Rahman memproklamirkan kemerdekaan Malaysia pada 31 Agustus 1957 di sebelah gedung itu yang kini menjadi Stadion Merdeka.

     Tanggal tersebut kini diperingati sebagai hari kemerdekaan Malaysia. Sementara angka 118 mewakili jumlah lantai di gedung tersebut. “Ini akan menjadikan Merdeka 118 sebagai benchmark industri di tanah air dan menjadi ikon menara untuk masa depan,” kata Ismail.

     Selain memacu perekonomian nasional, pengembangan proyek tersebut disebut memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat sekitar yakni di sekitar Jalan Petaling, Kampung Attap, dan Pudu.

     Menara Merdeka 118 memiliki total luas lantai lebih dari 3 juta kaki persegi. Sejumlah fitur luar biasa dimasukkan ke menara termasuk Dek Observasi “The View at 118” yang akan menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara, serta Mal 118 berkubah kaca di dalam podium menara. (the star/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *