Malaysia Lagi-lagi Catat Rekor Kematian Tertinggi Corona - Waspada

Malaysia Lagi-lagi Catat Rekor Kematian Tertinggi Corona

  • Bagikan
Petugas medis di Kuala Lumpur, Malaysia, menangani jenazah korban virus corona. Negeri Jiran mengalami lonjakan kematian akibat Covid-19 pada Rabu, meski lockdown telah diberlakukan. AP

KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Malaysia kembali mencatat rekor kematian harian tertinggi akibat virus corona pada Rabu (2/6/2021) dengan

126 kematian. Jumlah itu merupakan korban harian tertinggi sejak pandemi melanda Malaysia.

Malaysia sebelumnya mencatat angka kematian tertinggi pada Sabtu (29/5/2021) dengan 98 jiwa. Hari Sabtu itu juga Malaysia melaporkan rekor kasus tertinggi yaitu 9.020 infeksi. Sedangkan hari Rabu pihak berwenang melaporkan 7.703 kasus baru.

Varian baru virus corona menjadi salah satu penyebab melonjaknya penularan Covid-19 di sana. Malaysia juga menjadi negara dengan kasus infeksi harian Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Untuk menekan laju penularan Covid, Pemerintah Malaysia menerapkan kembali penguncian wilayah atau lockdown secara menyeluruh, mulai Selasa (1/6). Rencananya, lockdown akan berlangsung hingga Senin (14/6) mendatang.

Lockdown secara ketat akan diberlakukan sehingga seluruh ruang publik dan kawasan niaga yang tidak berkepentingan wajib tutup. Pemerintah hanya membolehkan sejumlah kegiatan niaga yang dinilai penting untuk tetap berjalan, tentunya dengan sejumlah persyaratan.

Dilansir laman Channel News Asia, kamis (3/6/2021), Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menyatakan akan menggelontorkan subsidi atau bantuan sosial bagi penduduk dan pengusaha secepatnya selama lockdown ini.

Berdasarkan data Worldometer, hingga Kamis (3/6) Malaysia memiliki 587.165 kasus virus corona dan 2.993 kematian. Sementara 501.898 dinyatakan sembuh, dan kasus aktif sebanyak 82.274. (cna/m11)

  • Bagikan