Malaysia Disebut Kalah Dari RI Dalam Perang Melawan Korupsi

  • Bagikan
Lim Kit Siang, politisi senior Malaysia, menyebut negaranya kini kalah dari Indonesia dalam perang melawan korupsi. Malay Mail

     KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Seorang politisi senior Malaysia mengungkapkan, negaranya kini kalah dari Indonesia dalam perang melawan korupsi.

     Lim Kit Siang, figur veteran oposisi menyatakan “Negeri Jiran” kalah dari tetangganya itu dalam dua dekade terakhir. Dalam pandangan Lim, rasuah di Indonesia semakin berkurang. Sementara kebalikannya, di Malaysia justru bertambah.

     Dikutip dari laman Mothership, Minggu (28/11/2021), ia meyakini pandangannya bakal terbukti ketika Transparansi Internasional (TI) merilis Indeks Persepsi Korupsi (CPI), pada Januari 2022.

     Dia juga menyoroti kemenangan Barisan Nasional (BN) dalam pemilu Melaka pada 20 November. Politisi senior tersebut khawatir, Najib Razak yang merupakan jagoan BN akan kembali menjadi perdana menteri nantinya.

     Najib sempat menjadi PM Malaysia pada periode 2009 sampai 2018, sebelum pemerintahannya digulingkan oleh Pakatan Harapan. Dia ditangkap atas keterlibatan dalam skandal 1MDB, dan pada 2020 dijatuhi hukuman penjara selama 12 tahun.

     “Akan menjadi pukulan ganda bagi Malaysia jika Pemilu (GE) ke-15 menempatkan Najib Razak sebagai PM ke-10 bertepatan dengan CPI TI 2021,” keluh Lim. “Jika benar, maka Malaysia akan menjadi bahan tertawaan dan semakin tenggelam dalam perang melawan korupsi,” kata dia.

     Selain rasuah, ayah dari Ketua Menteri Negara Bagian Penang Lim Guan Eng tersebut juga menyoroti penanganan virus corona. Dalam unggahan di situsnya pada 24 November itu, Lim mengeklaim bagaimana “Negeri Jiran” kembali kalah dari tetangganya untuk urusan wabah Covid-19.

     Lim menyatakan, “Tanah Air” hanya mencatatkan 394 kasus baru corona, sementara Malaysia 5.594 kasus di hari yang sama.

     Berdasarkan argumentasinya, sudah 111 hari beruntun, tepatnya sejak 18 Agustus, Indonesia mencatatkan infeksi rendah dibanding Malaysia. “Apakah kita akan kalah dari Indonesia dalam perang melawan wabah, seperti juga penanganan terhadap korupsi?” tanyanya. (mothership/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *