Waspada
Waspada » Malaysia Catat Rekor Lonjakan Harian Covid-19
Internasional

Malaysia Catat Rekor Lonjakan Harian Covid-19

PM Malaysia Muhyiddin Yassin

KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Malaysia melaporkan rekor tertinggi penambahan harian kasus virus corona pada Sabtu dengan 317 penderita baru. Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan total 12.088 kasus infeksi.

Dilansir The Star Minggu (4/10/2020), kasus kematian bertambah satu sehingga totalnya menjadi 137 orang. Meski demikian Perdana Menteri Muhyiddin Yassin memastikan kondisi wabah Covid-19 terkendali.

Pemerintah berkomitmen mencegah penyebaran virus sesegera mungkin. Dia juga meyakinkan publik bahwa situasi Covid-19 masih terkendali dan dikelola dengan baik oleh instansi pemerintah terkait. Sebagian kasus baru melibatkan Lembaga Pemasyarakatan Alor Setar. Ada 128 kasus yang melibatkan staf dan tahanan lapas.

“Sisa kasus dilaporkan di Sabah dan beberapa negara bagian di semenanjung. Pemaparan Kementerian Kesehatan menunjukkan, jumlah kasus Covid-19 di Sabah hingga saat ini melibatkan 139 orang, yaitu sekitar 1,18 persen dari total jumlah penderita Covid-19 di dalam negeri,” ujarnya.

“Saya memahami kekhawatiran publik menyusul meningkatnya kasus baru Covid-19. Situasi saat ini terkendali dan dapat diatasi dengan kerja sama berbagai lembaga dan pemantauan kesehatan masyarakat oleh Kementerian Kesehatan yang masih berlangsung,” katanya, menambahkan.

Muhyiddin menambahkan lonjakan kasus Covid-19 di Sabah berasal dari masuknya imigran ilegal dari negara tetangga.

“Karena itu, pemerintah mengambil keputusan bahwa seluruh imigran tidak berdokumen yang ditahan harus disaring dan ditempatkan di rumah tahanan dan karantina sementara (PTS) yang disiapkan sebelumnya,” ujarnya. (the star/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2