Waspada
Waspada » Mahathir Rela Potong Uang Pensiun Demi Warga Terdampak Corona
Internasional

Mahathir Rela Potong Uang Pensiun Demi Warga Terdampak Corona

PETALING JAYA, Malaysia (Waspada): Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad,bersedia memotong 10 persen uang pensiunnya untuk digunakan membantu orang yang kehilangan sumber pendapatannya akibat pandemi virus corona.

Wabah virus itu telah membuat perekonomian di Negeri Jiran merosot drastis. “Saya akui, hidup saya tidak terpengaruh sama sekali karena lockdown dan prosedur operasi standar yang harus saya praktikkan,” kata Mahathir dalam sebuah pernyataan yang dikutip kembali The Star, Rabu (11/11/2020).

Dia menuturkan, setiap kali dia menjadi perdana menteri, gerakan pertamanya adalah memotong gaji para menteri, wakil menteri, dan pejabat senior pemerintah sebesar 10 persen.

“(Padahal) tidak ada masalah ekonomi besar pada waktu itu,” ujarnya. Politikus berusia 95 tahun itu mengatakan, gaji para pejabat telah naik beberapa kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.

Sementara itu, banyak warga yang kehilangan sumber pendapatan, dan para pegawai yang bekerja di sektor pemerintahan tidak memiliki keharusan untuk menanggung pemotongan gaji.

Tak hanya itu, kata Mahathir, tidak ada juga pemotongan gaji karyawan di sektor swasta.

“Untuk mengurangi kesenjangan antara yang beruntung dan yang tidak beruntung, pemotongan (pendapatan) 10 persen dari mereka yang (berada di posisi) aman dan memberikannya kepada mereka yang terkena dampak, bisa dibenarkan,” ucapnya.

Pada Senin (9/11/2020), Mahathir mengusulkan agar mereka yang mendapatkan gaji tinggi di pemerintah atau sektor swasta harus melepaskan 10 persen dari gaji mereka untuk membantu orang miskin selama pandemi Covid-19. (the star/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2