Waspada
Waspada » Macron Positif, Para Pemimpin Eropa Jalani Tes Covid-19
Internasional

Macron Positif, Para Pemimpin Eropa Jalani Tes Covid-19

Sejumlah pemimpin di Eropa menjalani tes usai Presiden Prancis Emmanuel Macron positif terinfeksi virus corona. TLF

PARIS, Prancis (Waspada): Beberapa pemimpin Eropa menjalani tes Covid-19 setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif virus corona.

Macron diketahui menghadiri KTT Eropa serta pertemuan bilateral dengan pemimpin lain sebelum dinyatakan positif, memicu kekhawatiran penularan.

Dilansir AFP, Jumat (18/12/2020), Macron bergabung bersama 25 pemimpin Uni Eropa dalam KTT yang digelar di Brussel, Belgia, itu untuk membahas perubahan iklim, anggaran Uni Eropa, serta hubungan dengan Turki.

Kanselir Jerman Angela Merkel yang sempat berbaur dengan Macron dalam pertemuan yang berlangsung pada 10-11 Desember itu menjalani tes dan hasilnya negatif.

Keduanya mengenakan masker dalam pertemuan tersebut. Meski demikian sempat terjadi kontak fisik di mana Macron memberikan salam tinju kepada beberapa pemimpin.

Selain itu Macron juga makan siang dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dan kepala OECD Angel Gurria. Dia juga mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa pada Rabu.

Hasil tes Covid-19 Sanchez dinyatakan negatif namun dia  menghentikan semua aktivitas publik dan mengisolasi diri sampai 24 Desember. Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin yang juga melakukan tes sebagai langkah antisipasi juga dinyatakan negatif.

Perdana Menteri Costa juga mengisolasi diri sambil menunggu hasil tes. Dia tidak menunjukkan gejala apa pun. Sementara itu Macron tetap menjalankan tugas sebagai presiden dari tempat isolasi di La Lanterne dekat Istana Versailles.

Seorang pejabat mengatakan, Macron mengalami kelelahan dan batuk.  Ibu Negara Prancis Brigitte dinyatakan negatif Covid-19 namun juga mengisolasi diri di Istana Elysee, Paris.

Pada Kamis sore, Macron berbicara untuk konferensi kebijakan bantuan luar negeri Prancis melalui tautan video. Dia tampak mengenakan sweter, jas, dan masker.

Tidak ada tanda-tanda dia mengalami gejala. Dia membatalkan semua perjalanan termasuk kunjungan ke Lebanon pada 22 Desember. Macron memimpin upaya internasional untuk menyelesaikan krisis politik yang parah di negara itu pasca-ledakan dahsyat di Beirut. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2