Waspada
Waspada » Langgar Larangan Ibadah Berjamaah, Menkes Israel Terinfeksi Corona
Internasional

Langgar Larangan Ibadah Berjamaah, Menkes Israel Terinfeksi Corona

Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman yang terinfeksi corona karena melanggar aturan yang dibuatnya sendiri. Times of Israel

TEL AVIV, Israel (Waspada): Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman dinyatakan positif virus corona sejak awal April 2020 karena melanggar aturan yang dibuatnya sendiri, yakni lockdown, termasuk larangan berkumpul demi mencegah penyebaran Covid-19.

Pria Yahudi dari kelompok ultraortodoks itu tetap mengadakan ibadah berjamaah meskipun sudah mengumumkan larangan berkumpul, termasuk untuk kegiatan ibadat.

Litzman merupakan ketua Partai United Torah Yudaism. Dia menggelar ibadah di rumah sesama anggota sekte Gur Hasidic pada Sabtu dua pekan lalu atau 3 hari setelah Israel memberlakukan pedoman kesehatan yang melarang peribadatan di dalam ruang.

Seorang saksi kepada surat kabar Times of Israel mengatakan, para anggota berupaya mempraktikkan jarak sosial selama peribadatan yang berlangsung selama lebih dari 1,5 jam di Channel 12 itu, namun tak terlaksana.

Lalu pada Senin, setelah Israel memperketat pedoman dengan melarang semua peribadatan baik di dalam maupun luar ruangan, Litzman tetap mengadakannya yakni di sebuah sinagog di Yerusalem.

Kabar mengenai infeksi virus corona yang dialami pria 71 tahun itu membuat heboh karena mengharuskan para pejabat Israel lain yang bernteraksi dengannya menjalani karantina, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Bahkan Netanyahu menjalani karantina dua kali setelah kasus yang dialami Litzman.

Menurut Times of Israel, Kementerian Kesehatan mengonfirmasi Litzman melakukan kontak dalam beberapa pekan terakhir dengan Netanyahu dan pejabat senior lain sebelum didiagnosis positif Covid-19.

Siapa pun yang menjalin kontak dengan Litzman dalam 2 pekan diminta melakukan isolasi diri. Surat kabar Israel Haaretz juga melaporkan bahwa kepala agen mata-mata Mossad dan Dewan Keamanan Nasional termasuk di antara yang harus menjalani isolasi.

Litzman bukan baru kali ini menjadi target tuduhan serius. Sebelumnya dia dituduh menekan para pejabat di kantornya untuk mengubah hasil laporan kejiwaan terhadap anggota sekte Yahudi asal Australia yang dituduh melecehkan anak di bawah umur. (times of Israel/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2