Waspada
Waspada » Korban Tewas Corona Di Italia Lampaui China
Internasional

Korban Tewas Corona Di Italia Lampaui China

Sejumlah petugas medis di ruang ICU RS Papa Giovanni XXIII, Bergamo, Italia, tengah merawat pasien yang terinfeksi virus corona. AP

ROMA, Italia (Waspada): Pada Jumat (20/3/2020), jumlah kematian akibat virus corona di Italia telah melampaui China. BBC pada Kamis melaporkan bahwa tercatat terjadi 427 kematian dalam sehari di Italia. Data dari Worldometers menunjukkan jumlah kematian akibat Covid-19 di Italia kini berjumlah 3.405, berbanding 3.245 di China.

Italia telah melakukan lockdown untuk menekan angka penyebaran virus corona, tapi jumlah kasus baru dan korban meninggal terus bertambah. Perdana Menteri Giuseppe Conte berujar, “Kita tidak akan dapat segera hidup kembali seperti sebelumnya, bahkan ketika aturan (lockdown) ini berakhir.”

Sebuah laporan dari Istituto Superiore di Sanita mengungkapkan tiga wilayah yang menyumbang angka kematian terbanyak akibat virus corona. Dari 3.405 korban, 2.003 di antaranya berada di tiga wilayah di utara Italia.

Beberapa penelitian kemudian menunjukkan di wilayah itu banyak dihuni lansia, yang tinggal bersama penduduk berusia 18-34 tahun. Kemungkinan angka kematian di negara lain berbeda karena demografinya yang juga berbeda.

Bank Sentral Eropa telah meluncurkan paket darurat senilai 750 miliar euro (sekitar Rp 12,8 kuadriliun) untuk meringankan dampak pandemi. Christine Lagarde selaku Presiden Bank Sentral Eropa mengungkapkan “tidak ada batasan” untuk komitmennya terhadap Eropa.

Perancis memulai lockdown-nya pada Selasa pagi. Warga yang berada di tempat umum harus menunjukkan dokumen resmi yang menyatakan alasan mereka tidak di rumah. Jika tidak memilikinya, mereka akan didenda.

Di tempat lain, jumlah kematian di Spanyol naik 209 orang dalam sehari. Jumlah kasus infeksi naik 3.431, menjadi 17.147 dalam keseluruhan. Spanyol adalah negara yang terkena dampak terburuk keempat di dunia, yang juga menerapkan lockdown. (BBC/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2