Waspada
Waspada » Korban Bangunan Ambruk Di India Bertambah Menjadi 20
Internasional

Korban Bangunan Ambruk Di India Bertambah Menjadi 20

Regu penolong berpacu dengan waktu menemukan korban yang diperkirakan masih terjebak di bawah reruntuhan apartemen di Bhiwandi, India. AFP

MUMBAI, India (Waspada):Korban tewas akibat ambruknya bangunan tempat tinggal berlantai 3 di Kota Bhiwandi, dekat Mumbai, bertambah menjadi 20 orang, Selasa (22/9/2020).

Bangunan ambruk pada Senin (21/9/2020) sekitar pukul 03.00 waktu setempat saat penghuni sedang terlelap dan tak bisa menyelamatkan diri.

Badan darurat kebencanaan India National Disaster Response Force (NDRF) menyatakan, tim SAR yang dibantu anjing pelacak hingga Selasa pagi menemukan 20 jenazah dari reruntuhan beton serta batu bata.

Selain itu petugas NDRF juga menyelamatkan 20 orang dari reruntuhan bangunan, termasuk dua anak-anak berusia 4 dan 7 tahun.

Sementara itu Direktur Jenderal NDRF Satya Narayan Pradhan, seperti dikutip dari AFP, mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan masih akan bertambah karena masih banyak yang belum ditemukan.

Jumlah pasti penghuni yang berada di lokasi saat kejadian belum bisa dipastikan. Sebelumnya disebutkan sekitar 35 orang, namun ternyata lebih.

Dari foto-foto yang dipublikasikan oleh NDRF lewat akun Twitter memperlihatkan regu penolong tengah berpacu dengan waktu mencari keberadaan 20-an orang yang masih terjebak. Mereka menyisir puin-puing beton dan batu bata dengan kabel listrik tergantung di atas kepala mereka.

Otoritas berwenang belum bisa menyimpulkan secara pasti penyebab insiden tersebut, sementara dugaan mengarah pada struktur bangunan yang tidak mampu menahan guyuran hujan selama berhari-hari.

Di India, insiden runtuhnya gedung apartemen bukan hal baru dan biasanya banyak terjadi dalam rentang Juni-September saat curah hujan di negara itu sedang tinggi. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2