Waspada
Waspada » Kondisi PM Inggris Semakin Memburuk
Internasional

Kondisi PM Inggris Semakin Memburuk

LONDON, Inggris (Waspada): Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilaporkan mendapat perawatan di unit perawatan intensif (ICU) pada Senin (6/4/2020) waktu setempat setelah infeksi virus corona menunjukkan gejala memburuk.

Juru bicara kantor PM di Pihak Downing Street mengatakan Menteri Luar Negeri Dominic Raab ditunjuk untuk mengambil alih sementara tugas Johnson.

“Pemerintahan akan tetap berlanjut. Fokus pemerintah akan terus memastikan bahwa rencana perdana menteri untuk memastikan bahwa kita mampu mengalahkan virus corona akan menjadi prioritas,” ujar Raab. Ia menambahkan, saat ini Johnson mendapat penanganan intensif dari tim medis di Rumah Sakit St Thomas.

“Dia (Johnson) tidak menggunakan ventilator. Perdana Menteri telah menerima beberapa bantuan oksigen dan berada di bawah, tentu saja, pengawasan ketat,” kata Menteri Kantor Kabinet Inggris Michael Gove saat diwawancara radio LBC ada Selasa (7/4).

Menurutnya, Johnson mendapatkan perawatan terbaik dari tim medis St. Thomas Hospital. “Kita semua berharap bahwa dia dapat pulih secepat mungkin dan hanya itu yang sedang kita pikirkan saat ini,” ujar Gove kepada BBC.

Johnson sebelumnya mengonfirmasi jika dirinya terinfeksi virus corona usai dites pada 27 Maret lalu. Saat itu ia dilaporkan mengalami gejala ringan sehingga melakukan isolasi diri di kediamannya di Downing Street selama tujuh hari.

Pria berusia 55 tahun ini kemudian dibawa ke rumah sakit pada Minggu (5/4) untuk kembali menjalani tes. Usai menjalani tes, dokter menyarankan ia untuk dirawat lantaran menunjukkan gejala virus corona selama 10 hari setelah dinyatakan positif

Namun dalam waktu 24 jam setelah dirawat, kondisinya dilaporkan memburuk. Tim medis kemudian menyarankan agar ia dipindahkan ke Unit Perawatan Intensif di RS St Thomas.

Hingga saat ini ada lebih dari 50 ribu kasus dengan 5.000 kematian akibat virus corona di Inggris. Sejak dua pekan terakhir, pemerintah memutuskan untuk melakukan penguncian wilayah (lockdown) sebagai upaya mengendalikan penyebaran virus corona. (afp/bbc/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2