Waspada
Waspada » Komik Pertama Batman Terjual Dengan Harga Fantastis Rp21,3 Miliar
Internasional

Komik Pertama Batman Terjual Dengan Harga Fantastis Rp21,3 Miliar

Komik Detective Comics No 27 lansiran tahun 1939 yang menjadi komik dengan kemunculan Batman untuk pertamakalinya menjadi komik termahal setelah laku terjual Rp21,3 miliar dalam acara lelang. HR

LOS ANGELES, AS (Waspada): Sebuah salinan komik Detective Comics No. 27 yang terbit pada 1939 menjadi komik termahal yang dibintangi oleh tokoh superhero Batman.

Komik yang pertama kali menampilkan Batman tersebut terjual US$1,5 juta (sekitar Rp21,3 miliar) dalam acara lelang.

Angka tersebut membuat Detective Comics No. 27 menjadi komik termahal tentang sang manusia kelelawar yang pernah dijual sepanjang sejarah.

Dikutip dari Hollywood Reporter Jumat (20/11/2020), sebelumnya, komik tersebut juga pernah terjual US$1,07 juta dalam acara lelang Heritage Auctions pada 2010.

Buku komik Detective Comics No. 27 yang terjual kali ini dalam versi tidak dipulihkan, tapi mendapat peringkat baik atau sangat baik 7.0 berdasarkan penilaian kualitas Perusahaan Penjaminan Bersertifikat (CGC). Hal itu membuat komik tersebut menjadi satu dari dua komik berperingkat 7.0 di dunia.

Hanya lima komik yang tidak dipulihkan atau direstorasi namun mendapatkan penilaian kualitas tinggi dari CGC. Hal tersebut menjadi faktor penting sebelum memecahkan rekor dalam lelang.

Oleh sebab itu, Wakil Presiden Heritage Auctions, Barry Sandoval, mengungkapkan tidak kaget ketika mengetahui komik Detective Comics No. 27 terjual hingga US$1,5 juta.

“Ini merupakan salah satu salinan terbaik yang pernah Anda lihat dari salah satu buku komik terpenting yang pernah diterbitkan,” kata Barry Sandoval.

Detective Comics No. 27 memuat kisah The Case of the Chemical Syndicate karya Bob Kane dan penulis Bill Finger dan menjadi yang pertama memperkenalkan The Dark Knight kepada dunia.

Penjualan Detective Comics mengisi slot pertama dari acara Seni dan Komik Heritage Auction yang berlangsung empat hari hingga 22 November.

Acara tersebut menampilkan koleksi Alfred Pennyworth dan koleksi Randy Lawrence. Dalam acara itu, turut terjual Batman No.2 yang terbit pada 1940 dengan harga US$63 ribu atau sekitar Rp894,5 juta.

Detective Comics No. 27 memegang komik termahal yang pernah terjual dalam lelang Heritage. Namun, komik termahal yang sesungguhnya benar-benar termahal di dunia adalah Action Comics No. 1 yang pertama kali menampilkan Superman.

Komik yang mendapatkan penilaian kualitas 9.0 tersebut laku terjual US$3,2 juta pada 2014 melalui eBay. (Hollywood reporter/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2