Waspada
Waspada » Klinik Di Iran Meledak, 19 Orang Tewas
Internasional

Klinik Di Iran Meledak, 19 Orang Tewas

Petugas pemadam kebakaran memeriksa bangunan klinik yang meledak dan menewaskan 19 orang di Teheran, Iran. New York Times

TEHERAN, Iran (Waspada): Ledakan dahsyat terjadi di sebuah klinik di Teheran utara, Iran, dan menewaskan setidaknya 19 orang. Televisi pemerintah melaporkan ledakan itu terjadi di pusat kesehatan Sina At’har pada Selasa (30/6) malam waktu setempat.

Ledakan itu juga menyebabkan kerusakan pada gedung-gedung di sekitarnya. Kepulan asap hitam pun membubung tinggi.

“Sebuah ledakan dilaporkan pada pukul 20:56 diikuti oleh kebakaran di klinik Sina At’har. Unit-unit medis dikirim segera,” kata layanan medis darurat Teheran dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/7/2020).

“Kematian 13 orang telah dikonfirmasi. Enam orang juga terluka dan dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.

Juru bicara departemen pemadam kebakaran Teheran, Jalal Maleki, mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah menemukan enam orang lagi yang tewas setelah kebakaran itu padam sekitar dua jam kemudian, sehingga menambah jumlah korban menjadi 19 orang.

Televisi pemerintah menyebut bahwa lima belas orang yang tewas adalah wanita. Dalam sebuah wawancara TV, Maleki mengatakan ledakan itu terjadi ketika tabung gas terbakar di ruang bawah tanah klinik.

Beberapa korban “berada di lantai atas di ruang operasi, yang merupakan pasien yang dioperasi atau yang bersama mereka,” katanya. “Sayangnya, mereka kehilangan nyawa mereka karena panas dan asap tebal,” tutur Maleki.

Insiden itu terjadi empat hari setelah ledakan di dekat kompleks militer mengguncang ibu kota Iran. Kementerian Pertahanan Iran menyatakan, ledakan itu terjadi di daerah Parchin di tenggara Teheran karena “bocornya tangki bensin”, seraya menambahkan tidak ada korban.

Parchin adalah situs yang dicurigai sebagai lokasi uji ledakan konvensional yang berlaku untuk tenaga nuklir, yang telah dibantah oleh republik Islam itu. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2