Waspada
Waspada » Kebakaran Hutan Di China Tewaskan 19 Petugas Damkar
Internasional

Kebakaran Hutan Di China Tewaskan 19 Petugas Damkar

Petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api yang membakar hutan di pegunungan Kota Xichang, Provinsi Sichuan, China. Daily Sabah

BEIJING, China (Waspada): Sebanyak 19 petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan seorang pemandu kehutanan di China tewas terjebak saat berjibaku memadamkan api yang menghanguskan hutan, Selasa (31/3/2020).

Kebakaran dahsyat terjadi di hutan pegunungan Kota Xichang, Provinsi Sichuan. Asap hitam tebal membumbung di atas kota berpenduduk sekitar 700.000 jiwa itu sehingga mengubah warna langit menjadi oranye.

Kebakaran bermula dari hutan yang berada di wilayah Provinsi Liangshan, Senin (30/3/2020) pukul 15.00 waktu setempat lalu menjalar ke perbukitan di Xichang.

“(Kebakaran) Secara langsung mengancam keselamatan kota,” kata pejabat pemerintah Xichang, di Weibo, seperti dilaporkan kembali AFP.

Lebih dari 140 mobil pemadam, empat helikopter, serta 2.000 personel, termasuk 900 petugas pemadam, dikerahkan untuk menjinakkan api.

Lebih dari 1.200 penduduk setempat telah dievakuasi untuk menghindari dampak terburuk. Beberapa kebakaran hutan di titik berbeda juga terjadi di provinsi yang sama dalam beberapa hari terakhir. Pada April tahun lalu, 27 petugas tewas dalam kebakaran hutan dahsyat di Kota Muli, Sichuan. (afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2