Waspada
Waspada » Kasus Corona Menurun, Singapura Segera Longgarkan Lockdown
Internasional

Kasus Corona Menurun, Singapura Segera Longgarkan Lockdown

Reuters

SINGAPURA (Waspada): Singapura perlahan-lahan akan melonggarkan lockdown parsial selama sebulan mulai pekan depan, setelah berhasil membendung wabah Covid-19. Hal itu disampaikan otoritas terkait pada Kamis.

Dilansir AFP, Jumat (11/6/2021), Singapura berhasil melalui pandemi tanpa jumlah korban yang tinggi, tetapi ada peningkatan transmisi lokal beberapa pekan terakhir ketika varian baru virus corona menyebar.

Lockdown Singapura yang kedua kemudian diterapkan per pertengahan Mei, termasuk pembatasan pertemuan di luar menjadi maksimal dua orang, penutupan sekolah, dan larangan makan di restoran.

Akan tetapi dengan kasus baru Covid-19 yang terus menurun, jumlah maksimal pertemuan akan dinaikkan menjadi lima mulai Senin (14/6/2021), dan acara-acara seperti pertunjukan langsung boleh dihadiri massa yang lebih banyak.

Jika situasinya tetap terkendali, akan lebih banyak lagi aturan pembatasan yang dicabut mulai 21 Juni, termasuk diperbolehkannya kembali makan malam di restoran, dan orang-orang akan diizinkan berolahraga di gym tanpa masker. Namun, karyawan yang bisa bekerja dari rumah harus tetap melakukannya.

Menteri Perdagangan Gan Kim Yong yang juga anggota satgas Covid-19 mengatakan, wabah Covid-19 di Singapura sekarang terkendali. “Selama beberapa minggu terakhir, jumlah kasus Covid-19… turun secara progresif, lebih sedikit kluster yang muncul dan umumnya kluster yang lebih kecil,” terangnya.

Sekolah ditutup sejak bulan lalu di tengah kekhawatiran bahwa varian baru Covid-19 lebih menular di anak-anak. Wabah virus corona Singapura untuk kedua kalinya menyebabkan pembatalan koridor perjalanan bebas karantina dengan Hong Kong.

Singapura mengatakan, rencana itu akan ditinjau kembali pada awal Juli. Pada awal pandemi Singapura direpotkan dengan kluster Covid-19 cukup besar di asrama padat penghuni yang menampung pekerja asing bergaji rendah.

Puluhan ribu orang terinfeksi di sana. Akan tetapi menurut standar global, angka kasus maupun kematian Covid-19 Singapura tergolong rendah. Negara berpenduduk 5,7 juta orang itu melaporkan sekitar 62.000 kasus virus corona sejauh ini dan 34 kematian. (afp/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2