Waspada
Waspada » Kampanye, Trump Janjikan Vaksin Covid-19 Selesai Tahun Ini
Internasional

Kampanye, Trump Janjikan Vaksin Covid-19 Selesai Tahun Ini

Presiden AS Donald Trump saat berkampanye di Lincoln Memorial, Washington DC, Minggu. Politico

WASHINGTON, AS (Waspada): Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam kampanyenya pada Minggu (3/5/2020) berjanji, AS akan punya vaksin corona akhir tahun ini.

“Kami sangat yakin bahwa kami akan memiliki vaksin pada akhir tahun ini, pada akhir tahun ini,” kata Trump dalam program televisi yang disiarkan Fox News langsung dari Lincoln Memorial, Washington DC.

Presiden 73 tahun itu juga mengatakan, akan mendesak pembukaan kembali sekolah dan universitas pada September. “Saya ingin mereka kembali (ke sekolah/universitas),” ujarnya dikutip dari AFP Senin (4/5/2020).

Produksi vaksin Covid-19 terus dipercepat oleh Amerika Serikat, seiring negara-negara lain yang ikut berlomba menangani wabah virus corona. Trump bersikeras dirinya tetap senang meski negara lain mendapatkan vaksin Covid-19 lebih dulu ketimbang AS.

Ia berujar, “Jika itu adalah negara lain, saya akan mengangkat topi. Saya tidak masalah, saya hanya ingin mendapat vaksin yang berfungsi.” Kemudian saat ditanya tentang risiko selama percobaan manusia dalam proses penelitian yang berlangsung cepat, Trump menerangkan relawan sudah tahu risikonya.

“Mereka sukarelawan. Mereka tahu apa yang mereka hadapi.” Namun Trump juga tampak menyadari ia mendahului pernyataan penasihatnya sendiri tentang prediksi vaksin Covid-19.

“Para dokter akan berkata ‘Oke, Anda seharusnya tidak mengatakan itu.’ Saya akan mengatakan apa yang saya pikirkan,” ujar Trump. Ia mendesak AS untuk segera melalui pandemi ini, guna merangkul masa depan yang “luar biasa”.

Dalam program televisi berdurasi 2 jam itu, Trump berupaya mengangkat dirinya sebagai ‘presiden terbesar AS’, lalu membujuk sebuah negara yang sangat terpukul oleh kematian dan pengangguran massal untuk menatap ke depan. “Kita akan menjalani tahun berikutnya dengan luar biasa,” janji Trump. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2