Waspada
Waspada » Kamp Pengungsi Muslim Rohingya Terbakar
Internasional

Kamp Pengungsi Muslim Rohingya Terbakar

Kamp pengungsi Rohingya di Kutupalong, Bangladesh, sebelum terbakar. AFP

COX’S BAZAR, Bangladesh (Waspada): Kebakaran besar melanda kamp pengungsian Muslim Rohingya di Kutupalong, Bangladesh, Selasa (12/5/2020).

Pejabat dinas pemadam kebakaran setempat Emdadul Haq mengatakan, sekitar 670 pondokan rumah dan toko ludes dilalap api. Kejadian ini menyebabkan 10 orang luka, namun tak ada korban jiwa.

Menurut Emdadul, api bermula dari toko tabung gas yang kemudian menjalar dengan cepat ke bangunan lain yang terbuat dari bahan mudah terbakar.

“Sepuluh orang terluka dalam kebakaran. Ini merupakan kebakaran terbesar (yang telah terjadi) di kamp-kamp,” kata Emdadul, seraya menambahkan sebagian besar pondokan dibuat dari bambu dan terpal, dikutip dari AFP, Rabu (13/5/2020).

Kutupalong merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia, dihuni ratusan ribu muslim ernis Rohingya yang terusir dari Negara Bagian Rakhine, Myanmar, akibat pembantaian.

Sementara itu badan PBB untuk pengungsi, UNHCR, memobilisasi tim tanggap darurat untuk membantu para pengungsi yang terkena dampak.

Lebih dari 1 juta Muslim Rohingya tinggal di kamp-kamp kumuh di Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh, termasuk Kutupalong. Sekitar 740.000 di antaranya tiba sejak 2017 akibat konflik terbaru. Mereka lolos dari kebrutalan tentara Myanmar yang digambarkan badan HAM PBB sebagai kejahatan genosida. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2