Waspada
Waspada » Kacamata Mahatma Gandhi Laku Terjual Rp5 Miliar
Internasional

Kacamata Mahatma Gandhi Laku Terjual Rp5 Miliar

Kacamata Mahatma Gandhi yang laku terjual Rp5 miliar. Sky News

LONDON, Inggris (Waspada): Sepasang kacamata milik Mahatma Gandhi telah terjual seharga 260.000 pound (sekitar Rp5 miliar) setelah ditemukan ditinggalkan begitu saja di kotak surat rumah lelang.

Kacamata itu dibeli melalui tawaran telepon dari seorang kolektor Amerika setelah enam menit penawaran dibuka pada Jumat (21/8/2020) lalu.

Kacamata itu terjual dengan nilai yang jauh lebih tinggi dari perkiraan juru lelang, yakni senilai 15.000 pound (Rp289 juta),

Juru lelang Andrew Stowe mengatakan itu adalah rekor baru East Bristol Auctions dan menggambarkannya sebagai ‘bintang abad ini’. “Ini hasil yang fenomenal. Kacamata ini tidak hanya mewakili rekor lelang bagi kami, tetapi juga penemuan penting sejarah internasional,” kata Stowe.

Staf di East Bristol Auctions menemukan kacamata tersebut dibungkus amplop polos, pada Senin (10/8) pagi. Ia berkata bahwa pemiliknya “hampir mengalami serangan jantung” ketika diberi tahu nilai barang itu.

“Seseorang memasukkannya ke dalam kotak surat kami pada Jumat malam dan kacamata itu tetap berada di situ sampai hari Senin,” kata Stowe. “Salah seorang staf menyerahkannya kepada saya dan berkata ada catatan yang mengatakan bahwa itu adalah kacamata Mahatma Gandhi.

Stowe mengatakan pemilik kacamata adalah seorang pria tua dari Mangotsfield yang mengatakan dia akan membagi uang hasil lelang itu dengan putrinya.

“Kacamata ini telah disimpan di laci selama lima puluh tahun terakhir. Penjual benar-benar menyuruh saya membuangnya jika ‘tidak bagus’. Sekarang dia mendapat sejumlah uang yang mengubah hidup.” lanjutnya.

Stowe menceritakan si pemilik berkata kepadanya bahwa kacamata itu telah diwariskan dari generasi ke generasi di keluarganya, setelah seorang kerabat bertemu Gandhi dalam kunjungan ke Afrika Selatan pada 1920-an.

“Kami memeriksa tanggalnya dan semuanya cocok, bahkan tanggal Gandhi mulai memakai kacamata,” katanya. “Ini mungkin salah satu kacamata pertama yang ia pakai karena minusnya cukup rendah. (bbc/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2